Perang Kian Dekat, Kapal Selam Rudal Nuklir Amerika Masuk ke Iran

VIVA Militer: Kapal selam militer AS, USS Georgia, tertangkap kamera
Sumber :

VIVA – Situasi antara militer Iran dan Amerika Serikat (AS) semakin memanas. Yang terbaru, sebuah video pendek menunjukkan helikopter milik Angkatan Laut Republik Islam Iran (NEDAJA) mendeteksi kapal selam rudal nuklir raksasa milik Angkatan Laut AS (US Navy), USS Georgia SSGN-729.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Dikutip VIVA Militer dari Naval News, sebuah video berdurasi 52 detik yang diunggah oleh akun Twitter bernama @AuroraIntel, menunjukkan pergerakan kapal selam tersebut. Pergerakan kapal selam kelas Ohio di Selat Hormuz itu diawasi oleh helikopter Sikorsky SH-3 Sea King, milik Angkatan Laut Iran.

Jika disesuaikan dengan penampakan, lokasi dan waktu, hampir bisa dipastikan bahwa kapal selam itu adalah USS Georgia SSGN-729.

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

Laporan lain menyebut, USS Georgia melakukan transit ke Teluk Persia melalui Selat Hormuz, pada 21 Desember 2020 lalu. Kedatangan kapal selam seberat 18,8 ton itu dikawal oleh dua kapal jelajah dan kapal patroli Angkatan Laut AS.

Photo :
  • DefPost
AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Saat tertankap kamera, USS Georgia menyelam pada kedalaman periskp. Oleh sebab itu, penampungan dek kering (DDS) kapal selam itu tampak muncul di permukaan. Terlihat pula kapal selam ini membawa Kendaraan Pengiirim SEAL (SDV) yang biasanya digunakan oleh pasukan elite US Navy SEAL.

Perlu diketahui, kapal selam USS Georgia adalah salah satu dari empat kapal selam kelas Ohio. Kapal selam kelas Ohio adalah kapal selam terbesar yang dimiliki oleh Angkatan Laut AS. Selain USS Georgia, ada pula kapal selam rudal nuklir jelajah lainnya yakni USS Ohio (SSGN-726), USS Michigan (SSGN-727), dan USS Florida (SSGN-728).

USS Georgia memiliki sistem persenjataan dahsyat, dengan membawa 154 unit Rudal Jelajah Serangan Darat (TLAM) Tomahawk.

Terdeteksinya kapal selam rudal nuklir USS Georgia dipastikan bakal membuat situasi antara militer AS dan Iran semakin memanas. Pergerakan USS Georgia ke Selat Hormuz diduga adalah respons pasca Iran melakukan uji coba dua rudal jarak jauh, yang jatuh di dekat kapal induk AS USS Nimitz (CVN-68), 17 Januari 2021 lalu.

Sementara itu, Angkatan Laut Iran juga baru saja melakukan uji coba kapal selam peluru torpedo Fateh di wilayah tempat terdeteksinya USS Georgia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya