Panglima Kolinlamil TNI AL Sidak Kapal Perang KRI Tanjung Kambani 971

VIVA Militer: Pangkolinlamil mengecek kondisi KRI Tanjung Kambani-971
Sumber :
  • Pen.Kolinlamil TNI AL

VIVA – Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irvansyah siang tadi melakukan inspeksi mendadak atau sidak terhadap kapal perang KRI Tanjung Kambani 971 yang tengah bersandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut

Pangkolinlamil Laksda TNI Irvansyah menyatakan, kunjungannya ke KRI Tanjung Kambani itu dilakukan dalam rangka memastikan kesiapan kapal perang KRI yang berada dibawah kendali Kolinlamil untuk selalu dalam kondisi siap dalam melaksanakan operasi militer.

Terlebih lagi, lanjutnya, saat ini situasi di sejumlah daerah telah terjadi bencana alam, seperti di Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, dan Jawa Barat. Sehingga seluruh unsur KRI TNI Angkatan Laut harus dalam kondisi siap bilamana sewaktu-waktu dibutuhkan untuk menjalankan tugas operasi militer selain perang.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

“Kondisi KRI harus selalu siap beroperasi. Sebagai kotama yang memiliki unsur KRI dengan spesifikasi angkut personel dan material, Kolinlamil harus siaga melaksanakan tugas operasi kemanusiaan. Apalagi situasi sekarang ini yang terjadi bencana alam dibeberapa daerah,” kata Laksda TNI Irvansyah dalam keterangan resminya, Selasa, 26 Januari 2021.

VIVA Militer: Pangkolinlamil cek ruangan mesin KRI Tanjung Kambani-971

Photo :
  • Pen.Kolinlamil TNI AL
TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Lebih jauh dia jelaskan, inspeksi ke salah satu unsur Kapal Perang KRI itu dilakukan untuk melihat dari dekat kondisi teknis dan kesiapan operasional KRI dalam menghadapi tugas-tugas yang akan diemban.

Dalam kesempatan itu, Pangkolinlamil melakukan pengecekan ke seluruh bagian kapal yang khusus pengangkut pasukan dan material itu. Mulai dari anjungan, buritan, dek satu ke dek yang lainnya, ruang kamar personel, hingga ruang mesin pun tak luput dari pantauan langsung Perwira Tinggi bintang dua TNI Angkatan Laut itu.

Pangkolinlamil juga menekankan kepada komandan KRI dan prajurit agar setiap personel memiliki standar kompetensi sesuai dengan jabatan dan peran masing-masing dalam mengoperasikan kapal perang.

Hal itu dianggap penting, guna meningkatkan profesionalisme selaku prajurit matra laut serta selalu menjaga dan memelihara alutsista yang menjadi tanggung jawab pasukan. Sehingga, katanya, seluruh unsur KRI siap operasi untuk mendukung tugas-tugas TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) maupun Operasi Militer Perang (OMP).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya