Cuaca Buruk Ancam Jawa Timur, Pasukan Macan Kumbang Kostrad Siaga

VIVA Militer: Apel siaga bencana Yonif Raider 509/BY.
Sumber :
  • Yonif R 509

VIVA – Militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah menyiagakan pasukannya untuk mengantisipasi dampak cuaca buruk yang diprakirakan bakal melanda wilayah Provinsi Jawa Timur.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Pasukan yang disiagakan tak tanggung-tanggung, untuk menanggulangi bencana banjir akibat cuaca buruk di Kabupaten Jember saja, TNI menyiagakan pasukan elite tempur dari Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad), yakni dari pasukan Batalyon Infanteri Raider 509/Balawara Yudha.

Berdasarkan siaran resmi Yonif Raider 509/BY yang dilansir VIVA Militer, Selasa 26 Januari 2021, kesiapasiagaan pasukan tempur Kostrad berjuluk Macan Kumbang ini ditunjukkan dengan digelarnya apel pasukan siaga bencana di Lapangan Yonif Raider 509/BY Kostrad.

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

Dalam apel itu, Komandan Yonif Raider 509/BY, Letnan Kolonel Syafrinaldi menuturkan, pasukan siaga terhadap bencana karena dari informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa sebagian besar wilayah Indonesia khususnya Jawa Timur akan terdampak cuaca ekstrem.

"Melihat kondisi itu, tentunya menuntut kesiapan dari kita semua, khususnya masyarakat Kabupaten Jember yang berdasarkan kajian risiko bencana (KRB) memiliki ancaman bencana banjir dengan kategori risiko tinggi," kata Letkol Syafrinaldi.

Aksi Jenderal TNI Maruli dan Pasukan Tengkorak Kostrad 88 Hari Ubah 24 Rumah Berhantu Jadi Indah

Selain siaga bencana, Letkol Syafrinaldi juga mengimbau prajurit untuk dapat turut ambil bagian dalam upaya pencegahan, yang salah satunya dengan senantiasa peduli dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Karena menurutnya, dari berbagai kejadian bencana alam yang terjadi, kebanyakan diakibatkan adanya kelalaian dari manusia dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Baca: Reputasi Perang Dahsyat Pasukan Elite Kostrad yang Mau Tembus Papua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya