Jenderal Kopassus Lulusan Terbaik Ternyata Eks Pentolan Pasukan Setan

VIVA Militer: Brigjen TNI Bambang Trisnohadi
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Jauh sebelum berubah nama menjadi Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda, unit pasukan elite infanteri ini dikenal dengan nama Pasukan Setan. Ternyata, ada seorang Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil), yang pernah memimpin batalyon ini.

Kenang Jenderal Wismoyo, Prabowo: Ajaran Beliau Bawa Saya Sampai Mendapat Mandat Rakyat

Dikutip VIVA Militer dari data situs resmi Yonif Raider 315/Garuda, ada satu nama Perwira Menengah (Pamen) TNI Angkatan Darat yang pernah memimpin pasukan elite yang berbasis di Gunung Batu, Bogor, Jawa Barat.

Ya, sosok itu adalah Brigjen TNI Bambang Trisnohadi. Tepatnya pada 2010, Bambang ditunjuk menjadi Komandan Yonif 315/Garuda menggantikan posisi Letkol Inf Danny Alkadrie. Ya, saat itu Bambang juga masih berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) TNI.

Asyik Lawan Arah, Bus Pandawa 87 Diadang Kopassus

Ternyata, Bambang adalah salah satu putra terbaik yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. Sebab dalam data lain yang dikutip VIVA Militer dari situs resmi Akademi Militer (Akmil), Bambang diketahui adalah penerima penghargaan Adhi Makayasa.

Seperti yang diketahui, Perwira Pertama (Pama) TNI yang menerima penghargaan Adhi Makayasa adalah mereka yang menyandang status sebagai lulusan terbaik. Bambang sendiri adalah lulusan terbaik Akmil angkatan 1993.

Syarat Iran Tak Jadi Serang Israel, Kisah Penyamaran Intel Kopassus hingga Sopir Bus Positif Narkoba

Bambang juga diketahui adalah anggota satuan elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Sebelum menjabat sebagai Danyonif 315/Garuda, Bambang lebih dulu menduduki posisi sebagai Komandan Detasemen Pengawal Pribadi (Dandenwalpri) Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Setelah menghabiskan waktu setahun sebagai Danyonif 315/Garuda, Bambang kemudian ditunjuk sebagai Sekretaris Pribadi (Sespri) Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakil KSAD), yang saat itu dijabat oleh Letjen TNI Budiman.

Kemudian pada 2012, Bambang kembali ke satuan Paspampres dan menjadi Komandan Grup A Paspampres selama dua tahun. Setelah itu, Bambang masuk ke komando teritorial dengan jabatan sebagai Asisten Operasi Kepala Staf Komando Daerah Militer (Asops Kasdam) VI/Mulawarman pada 2014.

Setahun berselang, Bambang ditunjuk menjadi Koordinator Staf Ahli KSAD, yang kala itu diduduki oleh Jenderal TNI Mulyono.

Pada Oktober 2018, Bambang pecah bintang. Pria kelahiran Jakarta 1 Februari 1972 ini menduduki jabatan Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 121/Alambhana Wanawwai (Abw). Kemudian sejak April 2020, Bambang mendapat tugas baru sebagai Kasdam XVII/Cenderawasih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya