Panglima TNI: Kalau Saya Enggak Pakai Kumis Kayak Celengan Semar

VIVA Militer: Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto
Sumber :
  • tni.mil.id

VIVA – Siapa tak kenal dengan sosok Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dikenal sebagai sosok yang cerdas lagi tegas, ternyata pria asli Malang ini juga punya sisi humoris dan hangat dengan masyarakat.

Terpopuler: TNI Kembali Pakai Istilah OPM, Kecelakaan Bus di Tol hingga Pemuda Rusak Jembatan

Dalam data yang dikutip VIVA Militer dari situs resmi Akademi Angkatan Udara, Hadi merupakan salah satu Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Udara lulusan 1986. Lahir dari keluarga militer, sang ayah, Serma (Tek) (Purn.) Bambang Sudarso, juga pernah mengabdikan diri bersama TNI Angkatan Udara.

Hadi ditunjuk Presiden Republik Indonesia (RI) ke-7 untuk menduduki kursi Panglima TNI pada 8 Desember 2017. Saat itu, Hadi menggantikan posisi Jenderal TNI Gatot Nurmantyo setelah sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau).

Sukses Jalani Misi Kemanusiaan di Gaza, 27 Prajurit Pemberani Dapat Penghargaan dari Panglima TNI

Salah satu ciri khas yang dimiliki Hadi selain ketegasan dan kecerdasannya, sudah tentu adalah kumis tebalnya. Ya, Hadi adalah salah satu Panglima TNI yang dikenal bekumis dan membuatnya semakin gagah.\

Photo :
  • tni.mil.id
Pesawat Super Hercules TNI AU yang Sukses Turunkan Bantuan Kemanusiaan Gaza Akan Tiba di Tanah Air

Ternyata, Hadi punya alasan tersendiri mengapa ia membiarkan kumisnya tumbuh. Diungkap Hadi, ia adalah seorang yang memiliki keturunan berkumis. Mulai dari kakek hingga ayahnya, dikenal sebagai pria berkumis.

Uniknya, Hadi mengaku bahwa ia pernah mencoba untuk memotong kumis tebalnya itu. Apa yang terjadi? Hadi merasa tidak percaya diri. Sambil bercanda, pria kelahiran Malang 8 November 1963 ini merasa dirinya seperti celengan jika tanpa kumis.

"Saya pernah enggak pakai kumis, kayak celengan. Celengan itu  yang untuk nabung itu, celengan semar. Saya enggak cocok enggak pakai kumis. Memang dari kakek saya, bapak saya, itu keturunan berkumis," kata Hadi.

Selain Hadi, ada beberapa Perwira Tinggi yang pernah menjadi Panglima TNI yang dikenal memiliki kumis tebal. Saat masih bernama Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI), ada sosok Jenderal TNI Sudradjat yang juga dan Jenderal TNI Feisal Tanjung, yang juga punya kumis tebal.

Selain itu, ada pula dua Pati TNI Angkatan Laut yang juga pernah menjadi orang nomor satu di jajaran TNI yang memiliki kumis. Mereka adalah Laksamana TNI Widodo Adi Sutjipto dan Laksamana TNI Agus Suhartono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya