Masuk Papua, Ternyata Kolonel Kopassus Ini Pemilik Gelar Langka TNI AD

VIVA Militer: Kolonel LA.
Sumber :

VIVA – Ada seorang sosok perwira militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang menjadi pusat perhatian VIVA Militer di edisi kali ini, Rabu 10 Februari 2021.

Pimpin Halal Bihalal di Mabesal, Ini Pesan KSAL Muhammad Ali untuk Prajurit Jalasena

Perwira itu kini berpangkat Kolonel. Dan sedang mengemban tugas di tanah Papua. Beliau bukan prajurit TNI biasa. Sosok ini merupakan pemegang gelar yang sangat langka di tubuh TNI. Mau tahu siapakah beliau?.

Beliau adalah Kolonel Inf Lucky Avianto. Dia prajurit TNI yang lahir dari satuan infanteri Komando Pasukan Khusus atau Kopassus.

Perubahan Kebijakan dan Ketegasan Pemerintah Diperlukan untuk Tumpas OPM, Menurut Pengamat

Saat ini Kolonel Lucky bertugas sebagai Asisten Operasi Kepala Staf di Komando Daerah Militer (Kodam) XVIII/Kasuari, Papua Barat.

Kolonel Lucky merupakan satu dari dua prajurit aktif yang menyandang gelar sangat langka di TNI, dan satu-satunya perwira menengah (Pamen) yang meraih prestasi langka tersebut. Lalu gelar langka apa ya?.

Segini Jumlah Rudal Iran yang Dicegat AS, Inggris dan Yordania Menuju Israel

Kolonel Lucky merupakan pemegang gelar peraih 3 prestasi terbaik dalam pendidikan TNI. Prestasi terbaik pertama Kolonel yang terkenal cerdas dan tegas ini ialah, dia meraih penghargaan Adhi Makayasa Akademi Militer 1996.

VIVA Militer: Kolonel LA.

Photo :

Lalu, 15 tahun Kolonel Lucky berhasil menjadi lulusan terbaik Sekolah Staf dan Komandan Angkatan Darat (Seskoad) Pendidikan Reguler XLIX Seskoad 2011.

Kemudian delapan tahun berselang, pria kelahiran Jakarta 2 Oktober 1974, kembali meraih penghargaan, kali ini sebagai Wira Adi Nugraha, atau lulusan terbaik Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia atau Sesko TNI Angkatan XLVII Tahun Anggaran 2019.

Memang selain Kolonel Lucky ada dua prajurit TNI lainnya memiliki gelar langka itu, hanya saja yang satunya sudah pensiun dan satunya lagi sudah menyandang bintang di pundaknya.

Walau miliki tiga gelar langka di TNI AD, tapi Kolonel Lucky tak lantas harus duduk manis tanpa perjuangan di lapangan. Terbukti, selama berkarier di TNI, beliau telah pernah terjun ke medan operasi seperti ke Operasi Keamanan Maluku dan Operasi Keamanan Aceh.

Selain itu, Kolonel Lucky juga pernah dikerahkan ke wilayah konflik tak berujung di Lebanon. Dia tergabung dalam Satgas United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) PBB.

Tak cuma itu dia juga pernah menjalankan misi United Nations Organization Stabilization Mission in the Democratic Republic of the Congo (MONUSCO) PBB.

Dan yang terbaru, dia menjadi perwira TNI yang ditugas berperang di zona terdepan menghadapi pandemi COVID-19, Kolonel Lucky dipercaya bertugas di Pusat Komando Pengendalian Operasi (Puskodalops) Satuan Tugas COVID-19 BNPB.

Perlu diketahui, sepanjang kariernya, baru kali ini Kolonel Lucky mendapat kepercayaan untuk masuk Papua. Sebelumnya dia lebih sering berada di lingkungan Kopassus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya