Jenderal TNI Agus: Saya Jarang Nonton TV, Kebanyakan di Hutan

VIVA Militer: Letjen TNI (Purn.) Agus Surya Bakti
Sumber :
  • polkam.go.id

VIVA – Kariernya bersama TNI Angkatan Darat memang sudah berakhir pada 2019 lalu. Namun, sosok Mayjen TNI (Purn.) Agus Surya Bakti akan senantiasa dikenang sebagai salah satu prajurit tempur terbaik dari satuan elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Asyik Lawan Arah, Bus Pandawa 87 Diadang Kopassus

Menurut catatan yang diperoleh VIVA Militer dari situs resmi Akademi Militer (Akmil), Agus adalah jebolan tahun 1984. Setelah resmi dilantik sebagai Perwira Pertama (Pama) TNI Angkatan Darat dengan pangkat Letnan Dua (Letda) Infanteri (Inf.) TNI, Agus menghabiskan waktu 21 tahun bersama Korps Baret Merah.

Puncak karier Agus bersama Kopassus adalah saat ditunjuk menjadi Komandan Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus pada 2002. Tiga tahun menjadi orang nomor satu di grup intelijen Kopassus, Agus juga pernah memimpin dua komando teritorial, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VII/Wirabuana dan Pangdam XIV/Hassanudin.

Alasan Pengemudi Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Jalani Pemeriksaan Psikologi

Sebagai seorang prajurit Kopassus, Agus tak hanya menguasai kemampuan intelijen. Ia juga pernah terjun dalam pertempuran, baik di Timor-Timur, Aceh, Papua, Ambon, dan Poso.

Photo :
  • Youtube
Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Terancam 6 Tahun Bui

Tepatnya pada 1992, Agus mendapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) dari pemerintah. Pangkat Agus naik menjadi Kapten Inf. TNI, setelah menjadi salah satu anggota tim khusus Kopassus yang menangkap gembong Front Revolusi Kemerdekaan Timor-Leste (Fretilin) Xanana Gusmao.

Beberapa orang mungkin tidak tahu, Agus adalah suami dari artis yang terkenal di era 90an, Bella Saphira Veronica Simanjuntak. Bella menikah dengan Agus pada 30 Agustus 2013. 

Pada 2017 silam, Agus yang saat itu menjabat Pangdam XIV/Hassanudin bersama Bella melaukan kunjungan kerja ke Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Saat bertatap muka dengan anggota Komando Distrik Militer 1415/ Kepulauan Selayar, Agus sempat menceritakan bahwa ia sama sekali tak mengenal sosok sang istri.

Meskipun dikenal luas sebagai artis sinetron, kebolehan Bella berakting di televisi sama sekali tidak pernah disaksikan Agus. Tentu saja tak tahu, karena Agus lebih banyak menghabiskan waktunya di sejumlah daerah dalam operasi militer.

Photo :
  • Youtube

Tak hanya itu, Agus yang memiliki profesi sebagai seorang tentara harus menghadapi perbedaan kehidupan yang sangat berbeda dengan seorang artis. Namun demikian, secara perlahan Bella disebut agus berhasil beradaptasi untuk menjadi istri seorang prajurit.

"Dulu saya perjuangannya juga cukup keras. Karena kebetulan ketemu ibu, enggak sengaja, saya enggak tahu bahwa dia itu artis. Saya jarang nonton tv saya, saya banyak di hutan. Saya enggak tahu juga kehidupannya berat dan jauh berbeda," ujar Agus.

Di sisi lain, Bella juga mengakui bahwa kehidupan seorang artis sangat berbeda dengan dunia militer. Namun, keberhasilan Bella beradaptasi sebagai seorang istri prajurit tak lepas dari sang ayah, yang diungkapnya adalah anggota TNI Angkatan Laut.

"Saya punya latar belakang profesi yang sangat berbeda dari dunia militer, dengan TNI. Namun untungnya, saya juga anak TNI. Jadi bapak saya memang Angkatan Laut, adik ipar saya juga Angkatan Laut," kata Bella.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya