2 Prajurit TNI AD Berhasil Lulus Pendidikan Militer di Pakistan

VIVA Militer: 2 Prajurit Infanteri TNI AD lulus pendidikan militer di Pakistan
Sumber :
  • Pen.Kodiklat TNI AD

VIVA – Luar biasa, dua orang Perwira TNI Angkatan Darat telah berhasil menyelesaikan pendidikan militer di Pakistan.

Asyik Lawan Arah, Bus Pandawa 87 Diadang Kopassus

Dua prajurit infanteri TNI AD itu adalah Kapten Inf. Zulfikar Rakita Dewa yang berasal dari Pussenif Kodiklat TNI AD dan Kapten Inf Agung Sedayu dari Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis 516/CY Kodam V/Brawijaya.

Sebagaimana yang dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Kodiklat TNI AD, Jum'at, 19 Februari 2021, dua perwira cerdas TNI AD itu merupakan prajurit TNI AD yang telah berhasil lulus pertama dari pendidikan Infantry Mid Career Course ke-66 yang dilaksanakan di School of Infantry and Tactics AD Pakistan.

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

Untuk diketahui, pendidikan infanteri yang ditempuh oleh Kedua perwira TNI AD itu dilakukan selama 15 minggu di Pakistan. Pendidikan infanteri singkat itu merupakan pendidikan setara dengan Diklapa II Kecabangan Armed dan Kavaleri di Pakistan.

"Ini merupakan program kerja sama yang baru saja diselenggarakan di antara kedua Angkatan Darat," kata Komandan Kodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto.

Keluarga Tegaskan Lettu Agam Tak Pernah Lakukan Kekerasan Fisik ke Istrinya

Dia menjelaskan, pendidikan Infantry Mid Career Course ke-66 itu diikuti oleh 202 orang Perwira Siswa yang terdiri dari 190 siswa asal Pakistan, dan 12 orang siswa perwakilan beberapa negara di mancanegara.

"Termasuk di dalamnya 2 orang dari Indonesia. Ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan serta amanah bagi 2 Perwira tersebut untuk melaksanakan pendidikan di Pakistan yang memiliki lingkungan dan kebudayaan yang berbeda," ujarnya.

Sementara itu, salah satu Perwira TNI AD yang berhasil lulus pendidikan di Pakistan, yaitu Kapten Inf Zulfikar Rakita Dewa menyatakan, pendidikan infanteri yang dilakukan di Pakistan dengan melibatkan beberapa perwakilan tentara dari negara-negara sahabat lainnya merupakan pengalaman yang sangat luar biasa.

"Para siswa dapat berinteraksi dengan Perwira dari berbagai negara yang memiliki disimilaritas perspektif. Kesempatan ini mampu menciptakan sebuah dimensi baru dalam memformulasikan dan mengimplementasikan suatu inovasi yang modern secara efektif dan efisien serta dapat mengembangkan pola pikir yang visioner," kata Kapten Inf Zulfikar.

Dan yang lebih hebatnya lagi, pada saat mengikuti pendidikan militer di Pakistan, Kapten Inf Zulfikar juga sempat melaksanakan sidang ujian thesisnya di salah satu Perguruan Tinggi Indonesia loh.

Ya, Kapten Inf. Zulfikar telah berhasil lulus sidang tesis yang digelar secara virtual untuk mendapatkan gelar Magister Hukum dari Universitas Krisnadwipayana, seminar proposal thesis dalam rangka program Magister Manajemen di STIE Ganesha, serta menyusun disertasi untuk program Doktor Ilmu Pemerintahan dari Universitas Padjajaran.

Wah, hebat kan.. Dalam kesempatan ini VIVA Militer juga mengucapkan selamat Kapten Inf Zulfikar Rakita Dewa dan Kapten Inf Agung Sedayu yang telah berhasil menoreh prestasi di dunia pendidikan itu.

Baca juga: Detik-detik Pasukan Elit TNI Angkatan Udara Tembak Mati Anggota OPM

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya