Haru, Perwira TNI Wujudkan Mimpi Kakek yang 5 Tahun Rindu Salat Jumat

VIVA Militer: Lettu Inf Rais dan Bapak Bahagia.
Sumber :
  • Kodam Iskandar Muda

VIVA – Bapak bernama Bahagia ini meneteskan air mata ketika tiba-tiba saja Komandan Rayon Militer 01/Sungai Mas, Aceh Barat, Letnan Satu Infanteri Rais mendatangi kediamannya.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Tangisan pria berumur 50 tahun itu bukan duka, tapi suka. Sebab, untuk pertama kalinya setelah lima tahun lamanya, dia bisa dengan mudah beranjak dari peraduannya.

Berdasarkan siaran resmi Komando Daerah Militer (Kodam) Iskandar Muda yang diterima VIVA Militer, Jumat 26 Februari 2021, Bapak Bahagia merupakan penderita cacat. Dia tak bisa berjalan lagi setelah 5 tahun lalu jatuh dari kamar mandi rumahnya.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Tiada daya selain doa yang dipanjatkan Bapak Bahagia selama itu, agar bisa beraktivitas, meskipun tak seperti sedia kala. Selama ini warga Desa Gunong, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat itu hanya bisa terbaring lemah.

Yang paling menyedihkan lagi, Bapak Bahagia sangat rindu bisa ke masjid untuk menunaikan ibadah Salat Jumat. "Saya rindu ke masjid, saya rindu Salat Jumat," kata Bapak Bahagia.

Tangis Jenderal Andika Perkasa Kenang Momen Besama Teungku Bantaqiah di Aceh Barat

Semua impian Bapak Bahagia akhirnya dikabulkan Allah SWT, pertolongan yang kuasa akhirnya tiba melalui Lettu Rais. Komandan Koramil 01/Sungai Mas itu mendatanginya dan memberikan kursi roda untuknya.  

"Alhamdulillah, kursi roda ini sangat membantu saya untuk beraktivitas sehari-hari di rumah. Terlebih, kursi roda ini sangat bermanfaat bisa mengantarkan saya ke masjid guna melaksanakan ibadah. Untuk itu, saya bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Danramil yang begitu peduli dengan kondisi saya," kata Bahagia.

Lettu Rais tak cuma memberikan kursi roda itu begitu saja, tapi prajurit TNI Angkatan Darat itu ikut membantu Bapak Bahagia untuk menaiki dan memakainya. Dan yang mengharukan lagi, ternyata perwira pertama TNI AD itu membeli kursi roda dari hasil menyisihkan gajinya.

"Apa yang kami lakukan ini adalah kepedulian dan kepekaan terhadap kesulitan masyarakat. Saat ini terhitung masih ada 10 orang lagi di wilayah Kecamatan Sungai Mas yang membutuhkan kursi roda. Dengan nawaitu, kami dari Koramil 01/Sungai Mas telah membangun komitmen untuk menyisihkan sebagian gaji tiap bulannya guna membeli kursi roda yang akan kami berikan kepada 10 orang tersebut," katanya.

Baca: Fregat Perusak Rudal TNI Kejar Kapal Selam Asing Penerobos Laut NKRI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya