Terabas Hutan Angker Bondowoso, TNI Berhasil Buka Akses Desa Terisolir

VIVA Militer: Prajurit TNI Kodim 0822/Bondowoso.
Sumber :
  • Kodim 0822/Bondowoso.

VIVA – Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0822 telah berhasil membuka akses menuju sebuah desa terpencil dan terisolir di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut

Keberhasilan prajurit TNI membuka akses menuju desa bernama Klekean, Kecamatan Botolinggo, dibuktikan dengan telah tuntasnya pembangunan sarana jalan raya kelas 3 menuju wilayah tersebut.

Berdasarkan siaran resmi dilansir VIVA Militer, Senin 1 Maret 2021, pembangunan jalan kelas tiga itu merupakan kegiatan Pra TNI Manunggal Membangun Desa(TMMD) ke-110 tahun anggaran 2021.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Pelaksanaan pembangunan jalan menuju Desa Klekean bukanlah pekerjaan mudah, sebab selama ini berpuluh-puluh tahun wilayah itu dihuni warga, tak ada akses jalan memadai selain jalan setapak.

Tak cuma itu saja, medan di lokasi juga sangat berat. Bahkan, menurut kepercayaan masyarakat setempat, wilayah yang diterabas prajurit TNI untuk membangun jalan dikenal wingit alias angker bin menyeramkan.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Menurut warga setempat Wahyudi, sebelum TNI masuk ke wilayah itu, tak ada warga yang berani keluar kampung saat hari sudah gelap. Jangankan malam hari, sore hari saja sudah tak ada yang berani melalui jalan itu.

VIVA Militer: Prajurit TNI Kodim 0822/Bondowoso.

Photo :
  • Kodim 0822/Bondowoso.

"Jalan yang semula dalam kondisi rusak parah dan angker, kini mulus dan terang. Paling tidak jika ingin beraktivitas ke ladang dan pulang sore akan menjadi lancar dan nyaman serta tenang," kata Wahyudi.

Namun yang terpenting dari hasil jerih payah prajurit TNI ini adalah, dengan adanya akses jalan, perekonomian masyarakat diyakini bakal meningkat. Mengingat selama ini warga Desa Klekean sangat kesulitan jika ingin membawa hasil pertanian ke luar untuk dijual.

"Karena jalanan sudah bagus, saya tidak takut lagi saat akan beraktivitas ke ladang. Tidak hanya itu saja, saat membawa hasil panenan dari ladang akan menjadi lancar," katanya.

Selama ini akibat ketiadaan sarana jalan menuju Desa Klakean, perekonomian warga tertinggal jauh dari kampung-kampung tetangga. Ketiadaan akses jalan juga menyebabkan Desa Klakean tak dapat dimasuki fasilitas aliran listrik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya