Ternyata Danlanud Halim Pernah Terbangkan Sekjen PBB Ban Ki Moon

VIVA Militer: Pangkoopsau I lantik Danlanud Halim Perdanakusuma
Sumber :
  • Dispenau

VIVA – Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma baru saja memiliki Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) baru loh... Sudah tahu belum siapa Danlanud Halim Perdanakusuma yang baru?

TNI Berduka, Letkol Marolop Meninggal Dunia 2 Hari Usai Serahkan Jabatan Komandan Kodim di Papua

Iya, Danlanud Halim Perdanakusuma yang baru itu adalah Kolonel Pnb Bambang Gunarto. Kolonel Bambang baru saja dilantik oleh Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara I, Marsekal Muda TNI Tri Bowo Budi pada hari Senin kemarin, 1 Maret 2021 dalam proses Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) di Gedung Roesmin Nurjadin Makoopsau I, Jakarta.

Dia dipercaya untuk menggantikan Danlanud sebelumnya yang merupakan seniornya di Akademi Angkatan Udara (AAU) Angkatan 1992 yaitu, Marsma TNI Purwoko Aji Wibowo. Marsma TNI Purwoko mendapat kepercayaan dari Panglima TNI untuk menduduki jabatan Panglima Koopsau III Biak.

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

"Serah terima ini berdasarkan Kep/145/II/2021 tentang Pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di Lingkungan TNI," dikutip VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenau, Selasa, 2 Maret 2021.

Untuk diketahui, Kolonel Pnb Bambang Gunarto adalah seorang perwira penerbang TNI Angkatan Udara lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1993.  Dalam perjalanan karir militernya, dia memiliki pengalaman dan karir yang cukup luar biasa.

Terpopuler: Pelat Nomor TNI Fortuner yang Viral, Skema Kredit Honda Stylo 160

Sebelum diangkat sebagai Danlanud Halim Perdanakusuma, Kolonel Bambang menjabat Paban VII/Dalpers Spers TNI. Dalam rekam jejaknya, Kolonel Bambang dikenal sebagai salah satu pilot pesawat Kepresidenan atau VVIP.

Dia pernah menjabat sebagai Komandan Skuadron Udara (Skadud) 17 yang ke-25 ketika masih berpangkat Letnan Kolonel (Letkol). Sebagai Komandan Skadud 17, dia pernah mendapatkan penghormatan membawa Sekjen PBB Ban Ki Moon ketika berkunjung ke Indonesia dengan menerbangkan Boeing 737-400 A-7305 dari Lanud Halim Perdanakusuma pada tahun 2012 silam.

VIVA Militer Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Kepada tongkat komandan itu diserahkan?

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024