Karier Kolonel Kopassus TNI Ajudan Jokowi Menanjak di Solo

VIVA Militer: Pangdam Diponegoro dan Kolonel Deddy Supriadi.
Sumber :
  • Koream 074/Warastratama

VIVA – Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) IV Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Bakti Agus Fajari baru saja resmi menggelar serah terima tongkat komando kepemimpinan di Korem 074/Warastratama, Surakarta, Jawa Tengah.

Mengenal Sosok Jenderal Bintang 5 yang Hanya Ada 3 di Indonesia

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Korem 074/Warastratama dilansir VIVA Militer, Rabu 3 Maret 2021, tongkat komando Komandan Korem diserahkan dari Kolonel Inf Rano Maxim Adolf Tilaar kepada Kolonel Inf Deddy Supriyadi.

Kolonel Rano Tilaar menyerahkan jabatan Danrem 074/Warastratama karena karena pindah menjadi Perwira Menengah Sekolah Staf dan Komandan Angkatan Darat (Seskoad). Sedangkan, Kolonel Deddy Supriady sebelumnya merupakan Kepala Staf Korem 061/Suryakancana, Bogor, Jawa Barat.

Menguak Rahasia di Balik Kehebatan Kopassus yang Disegani di Dunia

Yang menarik dari pergantian jabatan ini adalah, kedua kolonel TNI ini sama-sama berasal dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Dan ternyata Kolonel Deddy merupakan perwira Kopassus yang pernah menjadi ajudan Presiden Joko Widodo.

Kolonel Deddy yang merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1996, dipercaya menjadi ajudan Jokowi pada tahun 2017 sampai 2019. Sebelum menjadi ajudan Jokowi, Kolonel Deddy pernah menjabat sebagai Komandan Batalyon 22 Grup 2/Kopassus, kemudian menjabat Komandan Detasemen Markas Kopassus dan pernah juga jadi Komandan Kodim 0623/Cilegon, Banten.

Baru 115 Hari Kembali ke Kostrad, Jenderal Darah Kopassus TNI Ini Digeser ke Lemhanas

Untuk diketahui Korem 074/Warastratama bermarkas di Kota Solo, Surakarta. Korem ini berdiri di bekas wilayah keresidenan Surakarta yang membawahi Kodim 0723/Klaten, Kodim 0724/Boyolali, Kodim 0725/Sragen, Kodim 0726/Sukoharjo, Kodim 0727/Karanganyar, Kodim 0728/Wonogiri, Kodim 0735/Surakarta, dan Batalyon Infanteri Raider 408/Suhbrastha.

Baca: Aslam Ternyata Putra Pembunuh 6 Brimob yang Diterkam Macan Kumbang TNI

VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024