Brigjen Izak: TNI Berkomitmen Untuk Membantu Masyarakat Papua

VIVA Militer: Danrem 172/Praja Wira Yakthi (PWY), Brigjen TNI Izak Pangemanan
Sumber :
  • Instagram/@korem172pwy

VIVA – Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 172/Praja Wira Yakthi (PWY) Brigjen TNI Izak Pangemanan, menyatakan keberadaan penugasan TNI di Papua adalah untuk membantu Pemerintah Daerah dalam membangun masyarakat yang sejahtera dan lebih maju.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Hal tersebut disampaikan oleh Danrem selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) di sela-sela upacara penerimaan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG di wilayah Komando Pelaksana Operasi Korem 172/PWY, bertempat di Satuan Patroli (Satrol) Lantamal X Jayapura, Selasa 9 Maret 2021.

Dalam keterangan tertulis penerangan Korem 172/PWY, Rabu (10/3/2021), sebanyak 1350 personel Satgas Pamtas RI-PNG yang tiba saat ini yakni Yonif 131/BRS akan menggantikan Yonif Mekanis Raider 413/BRM, Yonif Mekanis 512/QY akan menggantikan Yonif Raider 100/PS dan Yonif 403/WP akan menggantikan Yonif 312/KH.

Mengenal Sosok Jenderal Bintang 5 yang Hanya Ada 3 di Indonesia

Danrem menegaskan, bahwa operasi yang dikembangkan saat ini adalah operasi yang berorientasi pada upaya untuk membantu masyarakat Papua dalam mengatasi kesulitan hidupnya di daerah perbatasan RI-PNG. Dilakukan dengan mengembangkan pendekatan komprehensif meliputi pendekatan kesejahteraan, agama, budaya, kesetaraan, hukum dan HAM serta pelestarian lingkungan hidup.

Pihaknya juga mengungkapkan, satgas yang datang saat ini, telah dibekali dengan kemampuan-kemampuan yang diharapkan dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan yang menyebabkan konflik di tanah Papua dan masih belum terselesaikan secara tuntas, khususnya di daerah perbatasan.

Baru 115 Hari Kembali ke Kostrad, Jenderal Darah Kopassus TNI Ini Digeser ke Lemhanas

“Mereka sudah dibekali dengan kemampuan pada bidang pertanian, peternakan, perikanan dan perkebunan. Selain itu juga dibekali dengan kemampuan-kemampuan untuk membantu peningkatan pelayanan masyarakat khususnya pada bidang pendidikan dan kesehatan,” kata Izak..

“Dengan kemampuan tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam membangun daerah yang maju dengan masyarakatnya yang sejahtera di tempat mereka bertugas nantinya. Diharapkan juga satgas yang baru akan terus melanjutkan hal-hal positif yang telah dilakukan oleh satgas sebelumnya,“ ucapnya..

Catatan redaksi VIVA Militer:

Mohon maaf pembaca setia, karena ada permintaan khusus dari Mayor Sus Hendera Kho artikel ini telah dilakukan perubahan pada judul. Judul semula dari artikel ini adalah, “Gawat, Anggota Pasukan Elite TNI Dikeroyok dan Disetrum Tentara Asing”.
Semoga dengan adanya perubahan ini tidak mengganggu kenyamanan pembaca setia VIVA Militer. Terima kasih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya