KSAL Berikan Baret Ungu Kepada 300 Prajurit Tamtama Marinir TNI AL

VIVA Militer: KSAL memimpin prosesi pembaretan terhadap 300 prajurit Marinir
Sumber :
  • Pen Koarmada II

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono pagi ini menghadiri Upacara Pembaretan 300 prajurit Tamtama Remaja Korps Marinir Angkatan XL/I Tahun 2021 di Pantai Baruna Kondang Iwak Malang Selatan.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Dalam kesempatan ini Laksamana TNI Yudo Margono menyematkan Baret Ungu secara langsung kepada salah satu perwakilan prajurit Tamtama Remaja Korps Marinir Angkatan XL/I dan menyatakan mereka secara resmi berhak mengenakan Baret Ungu kebanggaan Korps Marinir.

“Upacara pembaretan yang kita saksikan pada pagi hari ini, bukanlah sekedar rangkaian seremonial semata. Pembaretan prajurit remaja Korps Marinir adalah salah satu implementasi Binkorps Marinir dari aspek pembinaan tradisi kultural atau tradisi. Pembinaan tradisi ini menjunjung nilai-nilai luhur dalam bentuk pembinaan karakter, penanaman rasa kebanggaan, dan kehormatan diri serta kecintaan kepada korps, dan dengan demikian, pembinaan personel merupakan salah satu pembuktian bahwa Angkatan Laut sangat serius dalam membangun kekuatan Matra Laut menjadi lebih professional, modern dan Tangguh,“ kata Laksamana TNI Yudo Margono di hadapan 300 prajurit Tamtama Remaja Marinir, Selasa, 9 Maret 2021.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

VIVA Militer: Ratusan prajurit Tamtama Remaja Marinir ikuti upacara pembaretan

Photo :
  • Pen Koarmada II

KSAL menegaskan, Korps Marinir merupakan kekuatan tempur TNI Angkatan Laut yang disegani di Tanah Air, bahkan di dunia.

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

“Untuk itu, agar dicamkan di dalam benak para prajurit remaja sekalian bahwa sebagai prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut, pantang bagi kalian takut menghadapi badai, karena kalianlah yang akan menjadi badai bagi musuh-musuhmu," tegas KSAL.

Untuk diketahui, 300 prajurit Tamtama Remaja Korps Marinir yang mengikuti tradisi pembaretan itu adalah mereka yang dinyatakan berhasil menyelesaikan rangkaian pendidikan dasar kemiliteran dan juga menyelesaikan pendidikan kejuruan Korps Marinir selama enam bulan lebih di Kodikmar Kodiklatal.

Selama mengikuti pendidikan kejuruan Korps Marinir, para Prajurit Tamtama Remaja itu dibekali dengan materi latihan menembak kualifikasi, tahap pendidikan komando (Dikko) di hutan Selogiri selama hampir tiga bulan, Latek KSIT, Latek Opsfib dan kursus Tamtama remaja di Puslatpurmar 4 Purboyo Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) selama satu bulan.

Turut hadir dalam Upacara Pembaretan 300 prajurit Tamtama Remaja Marinir TNI Angkatan Laut sejumlah Perwira Tinggi TNI AL, diantaranya, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI Suhartono dan Pangkoarmada II Laksda TNI ING Sudihartawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya