Jenderal Kopassus Pembasmi OPM: Musuh Pertama yang Terlihat Kau Sikat!

VIVA Militer: Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Pengalaman tempur seorang Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, membuat anggota satuan elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus) punya kemampuan mumpuni dalam hal konfrontasi bersenjata. Mantan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus ini punya cara tersendiri saat mendidik anak buahnya dalam menghadapi pertempuran.

Asyik Lawan Arah, Bus Pandawa 87 Diadang Kopassus

Tepatnya 15 Maret 2021, Nyoman yang memegang posisi sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVIII/Kasuari melihat langsung prosesi Latihan Tempur Persiapan Pratugas di Markas Komando (Mako) Batalyon Infanteri Raider Khusus 762/Vira Yudha Sakti (Yonif RK 762/VYS), Klamono, Sorong Papua Barat.

Lewat pantauan VIVA Militer dari akun Youtube resmi Kodam XVIII/Kasuari, terlihat prosesi latihan yang diikuti oleh 250 personel. Ratusan prajurit tersebut berasal dari Yonif RK 762/VYS, Yonif 761/Kibibor Akinting, dan Yonif 764/Imba Baua.

Alasan Pengemudi Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Jalani Pemeriksaan Psikologi

Salah satu materi yang didapat para prajurit adalah Pertempuran Jarak Dekat (PJD). Para prajurit dilatih kemampuannya dalam menghadapi pertempuran jarak dekat, di mana dibutuhkan ketelitian, kewaspadaan serta respons yang cepat dan mematikan.

Photo :
  • Youtube
Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Terancam 6 Tahun Bui

Sejumlah prajurit yang ikut serta dalam latihan tersebut, menjalani simulasi pertempuran jarak dekat dengan menggunakan peralatan lengkap termasuk senapan serbu.

Pada sebuah kesempatan, Nyoman mendatangi seorang prajurit yang tengah menjalani latihan Pertempuran Jarak Dekat. Nyoman yang pernah ikut serta dalam Operasi Pembebasan Sandera Mapenduma 1996, memberikan arahannya langsung kepada prajurit tersebut.

Jenderal bintang dua yang pernah ikut serta menumpas anggota Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) Organisasi Papua Merdeka (OPM), menginstruksikan kepada prajurit itu untuk langsung melumpuhkan lawan pertama yang terlihat masuk menuju sasaran.

"Pada saat menyelinap kau intip, itu yang kelihatan pertama kau sikat. Pada saat kau bergerak maju ada lagi musuh kedua sikat lagi!" kata Nyoman kepada seorang prajurit berpangkat Prajurit Dua (Prada).

Photo :
  • Youtube

Sebagai orang nomor satu di wilayah Kodam XVIII/Kasuari, Nyoman juga tak lupa mengingatkan para prajurit agar senantiasa menjaga kesehatan. Tak hanya di masa latihan, namun juga saat menjalankan tugas nantinya.

Nyoman menghimbau kepada para prajurit agar memanfaatkan waktu beristirahat semaksimal mungkin, dan melarang anak buahnya untuk begadang di malam hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya