Anak Gaul Berambut Emo Berubah Drastis, Sekarang Berpangkat Letnan TNI

VIVA Militer: Lettu Kav Derry Harnanda saat masih duduki di bangku SMA
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Kerja keras jelas dibutuhkan bagi setiap orang yang punya cita-cita besar menjadi seorang prajurit TNI, apalagi untuk menempuh pendidikan di Akademi Militer (Akmil). Tak hanya kemampuan akademis, calon Taruna Akmil juga wajib punya kemampuan fisik yang sesuai standar.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Ada sebuah kisah yang datang dari seorang Perwira Pertama (Pama) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), yang berasal dari satuan Kavaleri. Sosok pemuda yang memilih mengabdikan diri kepada bangsa dan negara itu adalah Letnan Satu (Lettu) Kav Derry Harnanda.

Lewat pantauan VIVA Militer dari akun Youtube resmi Kolonel Kav Edward Sitorus, Derry mengisahkan bagaimana perjuangannya untuk bisa menjadi prajurit TNI.

5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan

Siapa sangka, saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), Derry punya penampilan yang sangat berbeda. Jika sekarang badannya terlihat kekar, dulu tubuh terlihat sangat kurus.

VIVA Militer: Pasi Ops Yonkav Divisi 1/Kostrad, Lettu Kav Derry Harnanda

Photo :
  • Youtube
Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Bukan cuma itu, saat masih sekolah Derry juga menggunakan kacamata lantaran matanya minus tiga. Kemudian saat itu pula, Derry menggunakan kawat gigi atau behel, dengan rambut yang ala musisi emo. Namun, penampilannya berubah drastis saat Derry mengingat mimpinya untuk menjadi seorang tentara.

Tak bisa ditebak, saat ini Derry pun menduduki posisi sebagai Perwira Seksi Operasi Batalyon Kavaleri (Pasi Ops Yonkav) 1/Kostrad (Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat). 

"Saat in berdinas di Yonkav (Divisi) 1/Kostrad, jabatan sebagai Perwira Seksi Operasi atau Pasi Operasi," ucap Derry.

"(Penampilan fisik) dari berbagai sisi sebenarnya enggak meyakinkan (untuk bisa jadi prajurit TNI). Dulu saya cenderung lebih sangat kurus, kacamataan, mata saya minus tiga. Terus juga saya pakai behel juga dulu, terus rambut gondrong ponian. Mana ada tentara kayak gitu," katanya.

VIVA Militer: Pasi Ops Yonkav Divisi 1/Kostrad, Lettu Kav Derry Harnanda

Photo :
  • Youtube

Tekadnya yang kuat untuk bisa menjadi seorang prajurit TNI, membuat Derry rela mengubah kebiasaan dan penampilannya. Rambutnya yang panjang akhirnya dipotong. Behel yang selama itu menopang giginya dilepas, sementara kemampuan fisiknya pun ditingkatkan dengan berlatih di sebuah tempat gym.

"Sebenarnya pada saat kelas 2 SMA, dimulai di situ benar-benar saat saya sudah yakin sama cita-cita buat jadi kecil. Karena sebenarnya memang dari kecil saya kepingin jadi tentara," ujar Derry melanjutkan.

"Jadi kelas 2 SMA itu saya sudah mulai membina fisik secara intensif, dan minimal sudah potong rambut. Jadi harus sudah mulai terbiasa untuk tampil lebih rapih lagi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya