Kapal Tanker Tenggelam Dihantam Rudal C-705 TNI AL di Perairan Natuna

VIVA Militer: KRI Kujang-642 tembakan rudal di perairan Natuna
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Sebuah kapal dikabarkan tenggelam setelah dihantam dua rudal C-705 dari kapal perang TNI Angkatan Laut (TNI AL), KRI Clurit-641 dan KRI Kujang-642 di perairan Natuna.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

"Dua Kapal perang TNI Angkatan Laut (TNI AL) KRI Clurit-641 dan KRI Kujang-642  berhasil menembakan peluru kendali (rudal) C-705 dan Hit on target atau mengenai sasaran yang  menyebabkan target tenggelam," kata Kadispenal Laksma TNI Julius Widjojono dalam keterangan resminya, Jum'at, 9 April 2021.

Kadispenal menjelaskan, kapal yang tenggelam adalah eks KRI Balikpapan yang dulunya merupakan salah satu kapal pengangkut BBM atau kapal tangker. 

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Eks KRI Balikpapan itu ditembak dalam jarak kurang lebih 70 km. Dan rudal C-705 mengenai sisi lambung kiri kapal, hingga eks KRI Balikpapan tenggelam.

VIVA Militer: KRI Clurit-641 tembakan rudal di perairan Natuna

Photo :
  • Dispenal
Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Untuk diketahui, penembakan peluru kendali atau rudal C-705 dari KRI Clurit dan KRI Kujang itu adalah bagian dari salah satu rangkaian latihan Pra Armada Jaya yang digelar sejak tanggal 5 sampai 17 April 2021 mendatang di wilayah perairan Natuna.

Untuk diketahui pula, KRI Clurit-641 dan KRI Kujang-642 merupakan kapal perang jenis Kapal Cepat Rudal (KCR) Type 40 yang tergabung dalam Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada I. 

Kapal ini merupakan kapal pemukul reaksi cepat dimana dalam pelaksanaan tugasnya mengutamakan unsur pendadakan, mengemban misi menyerang secara cepat, menghancurkan target sekali pukul dan menghindar dari serangan lawan dalam waktu singkat pula. 

Sementara, rudal C-705 yang digunakan untuk menghantam eks KRI Balikpapan itu merupakan salah satu senjata strategis yang dimiliki TNI AL yang dipasang di kapal-kapal jenis KCR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya