Pesan Jenderal TNI Kopassus Cara Ibadah Puasa di Masa Pandemi COVID-19

VIVA Militer: Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi
Sumber :
  • Penrem 061/Suryakencana

VIVA – Memasuki hari kedua bulan suci Ramadan, kegembiraan kaum muslimin dalam menyambut datangnya bulan puasa sangat terasa hampir di seluruh pelosok tanah air.

Asyik Lawan Arah, Bus Pandawa 87 Diadang Kopassus

Komandan Korem 061/Surya Kencana, Brigjen TNI Achmad Fauzi mengatakan, kegembiraan bagi setiap umat muslim atas datangnya bulan suci ramadan merupakan hal yang sangat wajar. Karena ibadah puasa adalah salah satu ibadah yang sangat dinanti-nanti bagi seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda "barang siapa yang merasa bahagia dengan datangnya bulan suci Ramadan, maka Allah SWT mengharamkan jasadnya dari api neraka,”

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

Kendati demikian, Danrem Surya Kencana juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat, khususnya yang berada di wilayah binaannya di Bogor, Cianjur, dan Sukabumi agar tidak lupa dengan situasi yang saat ini terjadi di Indonesia, yaitu pandemi COVID-19.

Menurut Danrem Surya Kencana, ibadah puasa tahun ini merupakan tahun kedua bangsa Indonesia dilanda pandemi COVID-19. Meski dalam catatan Satgas Penanggulangan COVID-19 jumlah pasien terinfeksi COVID-19 mengalami penurunan, dia berharap ibadah puasa dapat menjadi momentum untuk melakukan perubahan pola hidup sehat agar terbebas dengan wabah atau virus COVID-19 yang menghantui kita.

Keluarga Tegaskan Lettu Agam Tak Pernah Lakukan Kekerasan Fisik ke Istrinya

"Puasa yang akan dijalani selama satu bulan ke depan adalah suatu upaya untuk melakukan perubahan, baik perubahan jasmani maupun rohani. Laksanakanlah ibadah puasa dengan penuh gembira, tapi laksanakan secara sederhana, tidak perlu berlebihan. Dan yang paling terpenting adalah tetap patuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak)," kata Brigjen TNI Achmad Fauzi dalam untaian pesan ramadannya, Rabu, 14 April 2021.

Dia menambahkan, terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 saat ini, ibadah puasa harus menjadi semangat saling tolong menolong, saling berbagi, dan saling mengasihi sesama umat manusia.   

"Karena puasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga saja, di bulan ramadan ini umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak sedekah agar puasanya dapat lebih bermanfaat," kata Jenderal bintang satu Kopassus itu.

"Untuk itu, saya atas nama Danrem 061/Surya Kencana mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ramadan 1442 H, semoga ibadah puasa yang kita jalani mendapatkan berkah dari Allah SWT dan semoga kita tergolong sebagai orang-orang yang beriman yang mendapatkan derajat Muttaqin di sisi Allah SWT," tambahnya.

Baca: Penyebab Pasukan TNI Kopassus Ditakuti Tentara Asing Terbongkar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya