Danjen Kopassus: Kami Siap Hadapi Perang Siber dan Hibrida

VIVA Militer: Danjen Kopassus Mayjen TNI Mohammad Hassan
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat akan meningkatkan kemampuan, tidak hanya mengasah kemampuan perang darat, melainkan perang siber dan hibrida.

Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

"Kopassus selalu mengupdate diri dan selalu menyesuaikan dengan perkembangan situasi. Kita mempunyai kemampuan-kemampuan khusus, dan tentunya saat ini kemampuan khusus itu juga kita tingkatkan dan kita upgrade menggunakan teknologi," kata Danjen Kopassus Mayjen TNI Mohamad Hasan dalam acara Peringatan HUT ke-69 Kopassus, di Makopassus Cijantung, Jakarta Timur, Jum'at, 16 April 2021.

Oleh karena itu, prajurit Kopassus harus adaptif dan beradaptasi dengan perkembangan situasi mengunakan teknologi, 

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

"Sehingga, prajurit Kopassus selalu profesional, kuat dan tangguh dalam melaksanakan setiap tugas yang diembannya," ujarnya.

Danjen menegaskan, kendati seluruh prajurit diharuskan meningkatkan kemampuan teknologi, namun prajurit Kopassus tidak melupakan kemampuan tempur yang dimilikinya.

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

"Karena ini lah yang menjadi ciri khas kita saat ini dan sejak dulu telah dipertahankan sampai dengan sekarang," kata Hasan.

Dalam kesempatan itu, Jenderal bintang dua itu juga menyebutkan, pandemi COVID-19 sedikit banyak telah mempengaruhi latihan yang dilakukan prajurit Kopassus.

"Untuk latihan memang sedikit berpengaruh, tapi kita terus melakukan inovasi sehingga latihan ini bisa terus kita jadikan sebagai tempat untuk berlatih terus dan meningkatkan kemampuan kita," ujarnya 

Namun, kata Danjen, secara umum tidak terlalu terkendala karena dalam melakukan berbagai inovasi saat pelatihan didukung oleh jajaran di tingkat atas, sehingga tetap dapat meningkatkan kemampuan tempur.

Lebih jauh lagi Danjen Kopassus berharap di usianya ke-69, Kopassus tetap mampu meningkatkan kemampuannya dan tetap menjadi Kopassus yang profesional, kuat, modern, tangguh dan adaptif.

"Serta mampu menyesuaikan dengan segala dinamika dan terus berlatih dan berlatih menyesuaikan dengan ancaman yang terjadi di negara ini," katanya.

Untuk diketahui, dalam memperingati hari jadinya, Kopassus menggelar upacara sederhana yang dipimpin Danjen Kopassus Mayjen TNI Mohamad Hasan dan disaksikan secara virtual oleh jajaran Kopassus, di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya