TNI Ungkap Penelitian Vaksin Nusantara di RSPAD Gatot Soebroto

VIVA Militer: Waka RSPAD Mayjen TNI Lukman Ma'ruf
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Wakil Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (Waka RSPAD) Mayjen TNI Lukman Ma'ruf menyatakan, kegiatan terkait vaksin Nusantara yang saat ini dilakukan di RSPAD Gatot Soebroto merupakan kegiatan penelitian sel dendritik yang dilakukan oleh para relawan.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Sementara itu, Direktur Pelayanan Kesehatan (Diryankes) RSPAD Gatot Soebroto, Brigjen TNI Nyoto Widyo Astori menjelaskan, penelitian sel denditrik yang dilakukan di RSPAD Gatot Soebroto sebenarnya sudah lama dilakukan untuk pengobatan cancer.

Pada perjalanannya, lanjut Brigjen TNI Nyoto, para peneliti mencoba melakukan penelitian terkait dengan vaksin COVID-19.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

"Tetapi memang ini dicoba, barangkali untuk membuat vaksin yang dari sel denditrik, yaitu ditujukan untuk vaksin, diharapkan untuk vaksin COVID," ujarnya.

Lebih jauh lagi Brigjen TNI Nyoto menegaskan, penelitian yang dilakukan untuk vaksin Nusantara itu juga harus dilakukan sesuai dengan kajian ilmiah atau prasyarat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Jenderal Maruli Jelaskan Alasan Mayor Teddy Belum Lepas Sebagai Ajudan Prabowo

"Artinya dengan penelitian yang lugas, legal, dan secara ilmiah diterima, kemudian memang harus disetujui oleh beberapa pemangku kepentingan untuk melegalkannya," kata Brigjen TNI Nyoto.

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Pemerintah akan mengumumkan secara resmi rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024