Pasukan Setan Pemburu OPM Siaga, Jenderal TNI Gatot Angkat Bicara

VIVA Militer: Pangdam III/Siliwangi menjiuau pasukan Yonif III/Siliwangi
Sumber :
  • Kodam III Siliwangi

VIVA – Infanteri (Yonif) 315/Garuda. Pasukan legendaris TNI Angkatan Darat ini akan segera berangkat ke Papua, seiring aksi biadab kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

VIVA Militer melaporkan dalam berita Rabu 28 April 2021, batalyon yang terkenal dengan julukan "Pasukan Setan" sudah  mempersiapkan diri dengan keras jelang keberangkatan ke Bumi Cenderawasih. 

Kesiapan batalyon yang sudah berusia 73 tahun ini bahkan mendapat perhatian khusus dari Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

Setelah Pasukan Setan dan Banteng Loreng, Kini Freeport Dijaga Batalyon Raider Elang Kalimantan TNI

Kabar bakal berangkatnya pasukan legendaris TNI Angkatan Darat ini ke Papua, mendapat dukungan penuh dari masyarakat. Terbukti, banyak beredar unggahan di berbagai media sosial yang meningkatkan semangat pasukan yang bermarkas di Gunung Batu, Bogor, Jawa Barat.

Photo :
  • Puspen TNI
Bukan Kaleng-kaleng, 2 Prajurit Pasukan Setan TNI AD Turun di Pencak Silat Bekasi Championship

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) serta Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn.) Gatot Nurmantyo, tahu persis bagaimana sepak terjang pasukan Yonif 315/Garuna. 

Meskipun dapat pujian selangit dari masyarakat, Gatot yakin itu adalah buah dari kerja keras para prajuritnya. Gatot mengungkap, prajurit Yonif 315/Garuda sama sekali tidak pernah pamer dalam menunjukkan kemampuannya.

"Saya yakin bahwa yang mengatakan pasukan Batalyon 315 setan, hebat, segala macam, bukan dari para prajurit-prajuritnya. Saya hafal betul bahwa prajurit-prajurit tidak pernah menunjukkan kehebatan, tidak pernah menunjukkan kelebihan-kelebihannya," ujar Gatot dikutip VIVA Militer dari tvOne.

Gatot sangat percaya bahwa para prajurit Yonif 315/Garuda adalah sosok patriot bangsa yang rendah hati dan disiplin.

Photo :
  • Yonif 315/Garuda

Sedikit mengisahkan catatan penting yang ditorehkan dalam Operasi Seroja dan Pertempuran di Gunung Matabean. Gatot juga yakin nama besar Pasukan Setan muncul dari sederet prestasi dalam sejumlah palagan itu..

Jadi menurutnya, wajar jika julukan Pasukan Setan disempatkan kepada Yonif/315. Tapi, para prajurit sama sekali tidak meminta diberi julukan dan pengakuan itu. Melainkan karena masyarakat sangat menaruh hormat kepada pasukan itu.

"Mereka adalah orang-orang yang rendah diri, disiplin dan mempunyai jiwa-jiwa yang tinggi. Sehingga Batalyon 315 adalah salah satu batalyon yang menorehkan tinta emas, dalam operasi-operasi. Contohnya Operasi Seroja dan perebutan (Gunung) Matabean pada saat di Timor-Timur," kata Gatot.

"Jadi sebutan itu pasti bukan dari batalyonnya, tapi orang lain yang menyampaikan seperti itu," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya