Jelang Operasi ke Papua, TNI AD Ganti Komandan Pasukan Setan Yonif 315

VIVA Militer: Danrem 061/SK Brigjen TNI Fauzi pimpin Sertijab Danyonif 315/Grd
Sumber :
  • Penrem 061/Suryakancana

VIVA – Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda atau yang dikenal dengan sebutan Pasukan Setan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat dalam waktu dekat ini akan berangkat operasi ke Papua.

Melesat Jadi Pangdam, Mayjen TNI Haryanto Serahkan Jabatan Panglima Divif 2 Kostrad ke Sohibnya

Rencananya 400 personel pasukan tempur TNI AD yang bermarkas di Gunung Batu, Bogor itu akan berangkat ke Papua pada tanggal 24 Mei 2021 mendatang. Mereka akan memperkuat pasukan TNI yang sebelumnya sudah berada di Papua sebagai Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan).

Berbagai persiapan pun sudah dilakukan sejak lama oleh pasukan yang berada di bawah komando Korem 061/Suryakancana Kodam III/Siliwangi itu. Mulai dari latihan tempur, pembinaan mental, hingga pemetaan medan pun telah dilakukan dengan seksama guna bertugas di medan operasi yang dikenal sebagai daerah rawan itu.

Kedatangan Danjen USARPAC, Jenderal Maruli Tegaskan Akan Perkuat Kerjasama Dengan Militer AS

Selain mempersiapkan kemampuan tempur, ternyata pimpinan TNI Angkatan Darat juga telah melakukan perombakan organisasi di tubuh Yonif 315/Garuda. Kini, 400 personel Pasukan Setan itu memiliki Komandan Yonif (Danyon) baru yang akan memimpin mereka ke medan laga di Papua.

Danrem Suryakancana, Brigjen TNI Achmad Fauzi pada hari Rabu, 19 Mei kemarin telah memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danyonif 315/Garuda dari Letkol Inf Aryo Priyoutomo Soedojo kepada Letkol Inf Suryanto yang sebelumnya menjabat sebagai Pabandyawatpers Spersdam XVI/Pattimura.

Video Bersejarah Detik-detik Raja Aibon Menangis Tinggalkan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Photo :
  • Penrem 061/Suryakancana

Brigjen TNI Achmad Fauzi menyatakan, pergantian jabatan di lingkungan TNI Angkatan Darat itu merupakan hal yang biasa dilakukan dalam organisasi TNI AD. Hal itu bagian dari penyegaran organisasi dan diharapkan dapat memperkuat kerja-kerja di lingkungan TNI Angkatan Darat.

Dalam amanahnya, Danrem Suryakancana Brigjen TNI Fauzi meminta kepada Danyonif 315/Garuda yang baru agar dapat berpikir kreatif dan mampu menjadi driver organisasi dalam rangka menemukan berbagai terobosan dalam menciptakan sinergi, komitmen dan kepemimpinan, yang mampu memberikan kontribusi optimal bagi pencapaian tugas Yonif 315/Garuda, pada khususnya, dan TNI AD pada umumnya.

"Kita ketahui bersama bahwa Yonif 315/Garuda sebentar lagi akan melaksanakan tugas operasi Pamrahwan di Papua, oleh karena itu saya perintahkan agar Danyonif dapat menjalankan tugas secara profesional, disiplin, dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas sebagai Dansatgas," kata Danrem 061/Suryakancana, Brigjen TNI Achmad Fauzi kepada VIVA Milter, Kamis, 20 Mei 2021.

Dalam kesempatan itu, Komandan Korem 061/Suryakancana juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Letkol Inf Aryo Priyoutomo Soedojo atas dedikasi dan loyalitas dalam memimpin Yonif 315/Garuda.

"Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada Ny. Aryo Priyoutomo Soedojo yang telah membina Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLIV (44) Rem 061 sehingga kegiatan Persit dapat berjalan dengan baik guna mendukung kegiatan Batalyon," ujarnya.

Dengan ditunjuknya Letkol Inf Suryanto yang saat ini dipercaya sebagai Danyonif 315/Garuda menggantikan Letkol Inf Aryo Priyoutomo, otomatis dia akan memimpin 400 personel Pasukan Setan menembus Papua sebagai Satgas Yonif 315/Garuda yang akan bertugas sembilan bulan kedepan.

Baca: KSAD Angkat Putra Daerah Asli Papua Jadi Jenderal Bintang Satu TNI AD

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya