Jet Tempur F-16 Militer Amerika Bakal Masuk Indonesia, Ada Apa?

VIVA Militer: Jet tempur F-16 AS terbang dari Pangkalan Incirlik, Turki
Sumber :
  • NBC News

VIVA – Pesawat tempur Angkatan Udara Amerika Serikat atau USAF rencananya akan masuk ke wilayah udara Indonesia dalam beberapa hari ke depan. Rencananya sejumlah pesawat tempur AS jenis F-16 itu akan mendarat di Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyatakan, kedatangan tentara Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) yang dilengkapi dengan jet tempurnya itu dalam rangka Latihan Bersama (Latma) TNI Angkatan Udara dengan sandi "Cope West 2021". 

Dalam latihan itu, lanjut Kadispenau, nantinya akan melibatkan sejumlah pesawat tempur F-16 dari kedua Angkatan Udara.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

“Hari ini sejumlah personel dan peralatan USAF sudah mulai berdatangan di Lanud Roesmin Nurjadin, sementara untuk pesawat F-16 akan segera tiba dalam beberapa hari ke depan, dan diagendakan Latma ini akan dibuka secara resmi pada hari Senin mendatang (14/6/2021),” kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, Rabu, 9 Juni 2021.

Lebih jauh lagi Kadispenau menjelaskan, Latma Cope West 2021 merupakan ajang latihan pertempuran udara menggunakan pesawat tempur F-16, sekaligus  untuk menambah ilmu pengetahuan, wawasan dan saling berbagi pengalaman antar personel penerbang dan teknisi pesawat tempur F-16 kedua angkatan udara.

Ternyata Gelar Kehormatan Istri Jenderal Dudung sama dengan Megawati

Selain bertujuan meningkatkan kemampuan dan profesionalitas personel kedua angkatan udara, lanjut Indan, Latma Cope West 2021 juga menjadi ajang dalam meningkatkan kerja sama militer antara kedua negara bersahabat ini, khususnya TNI AU dan USAF. 

"Rencanannya Latma Cope West 2021 akan berlangsung selama dua minggu," ujarnya.

Ilustrasi TNI

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Roadmap repatriasi hak militer Sumber daya pertahanan negara.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024