Kodim 0911/Nunukan Akan Buka Jalan Kampung di Wilayah Perbatasan

VIVA Militer: Dandim 0911/Nunukan mengecek akses jalan Desa Binusan Dalam
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0911/Nunukan Letkol Czi Eko Pur Indriyanto selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0911/Nunukan hari ini secara resmi membuka kegiatan TMMD ke-111 di Desa Binusan Dalam wilayah perbatasan Nunukan, Kalimantan Utara.

Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Letkol Czi Eko menyatakan, dalam program TMMD ke-111 Tahun 2021 kali ini, jajarannya akan melakukan sejumlah program besar, diantaranya program yang terkait dengan pembenahan fisik di wilayah desa perbatasan dan kegiatan non-fisik lainnya.

"Seperti kita ketahui bersama, di Desa Binusan Dalam masih banyak yang harus dibangun. Seperti akses jalan yang sangat penting bagi warga Desa tersebut," kata Letkol Eko ketika membuka program TMMD ke-111 di wilayah perbatasan, Selasa, 15 Juni 2021.

Kembali Setelah 10 Tahun Tinggalkan Kostrad, Mas Bangun Melesat Naik Pangkat Jadi Mayjen TNI

Letkol Czi Eko menambahkan, mayoritas warga yang tinggal di Desa Binusan Dalam berprofesi sebagai petani dan berkebun. Sehingga, lanjut Dandim 0911/Nunukan, memperbaiki akses jalan desa adalah hal yang utama untuk membantu masyarakat yang akan membawa atau menjual hasil panennya dari desa ke Kota Nunukan, Kalimantan Utara.

"Bahkan, saat meninjau lokasi kemarin banyak warga yang membeberkan keluhan dan keresahan masyarakat. Tidak hanya soal listrik,  tapi juga soal kebutuhan sembako karena sulitnya transportasi dari kota Nunukan ke desanya itu," ujarnya.

Melesat Jadi Pangdam, Mayjen TNI Haryanto Serahkan Jabatan Panglima Divif 2 Kostrad ke Sohibnya

Lebih jauh lagi Letkol Czi Eko menjelaskan, dalam kegiatan TMMD ke-111 tahun 2021 ini, Kodim 0911/Nunukan telah merencanakan pembangunan yang terbagi menjadi dua sasaran, yaitu sasaran fisik dan sasaran non-fisik. 

"Untuk sasaran fisik yaitu, pembukaan Badan Jalan 1.000 Meter x 6 Meter, Pembangunan 4  Buah Plat Duicker dengan ukuran 1,5 Meter x 6 Meter, serta sasaran tambahan seperti pembuatan MCK 1 unit dan rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak 5 unit," katanya.

Sedangkan sasaran non-fisik, lanjut Dansatgas TMMD Kodim 0911/Nunukan, pihaknya akan menggelar sejumlah kegiatan sosialisasi yang akan melibatkan sejumlah instansi terkait, diantaranya pemerintah Kabupaten/Kota Nunukan, seperti penyuluhan wawasan nusantara, sosialisasi Bela Negara, penyuluhan kesehatan (Bahaya Narkoba & HIV/Aids), penyuluhan Hukum dan Kamtibmas, penyuluhan pertanian, perikanan dan peternakan, Sosialisasi COVID-19, sosialisasi stunting, termasuk penyuluhan perekrutan menjadi Anggota TNI.

Untuk diketahui, sejumlah pejabat tinggi di lingkungan TNI dan Polri, serta Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid turut hadir dalam pembukaan TMMD ke-111 tahun 2021 yang dicanangkan oleh TNI Angkatan Darat itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya