Giliran Pasukan Raider 408 Diponegoro Disiapkan TNI Menembus Papua

VIVA Militer: Yonif Raider 408/Suhbrastha
Sumber :
  • Yonif Raider 408/Suhbrastha

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) ternyata sedang mempersiapkan satu batalyon pasukan untuk dikerahkan ke menembus belantara Papua. Kali ini berasal dari Komando Daerah Militer (Kodam) IV/Diponegoro, Jawa Tengah.

Selain Netanyahu, Ini Pihak Israel yang Dikabarkan Akan Ditangkap Pengadilan Kriminal Internasional

Pasukan yang dipersiapkan TNI untuk menembus Papua adalah Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 408/Suhbrastha.

Berdasarkan informasi terbaru dilansir VIVA Militer, Rabu 16 Juni 2021, Yonif Raider 408/Suhbrastha bakal dikerahkan ke Papua untuk melaksanakan operasi sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Penyangga Mobile RI dengan Papua Nugini.

Punya Kekuatan Perang Nabi Muhammad, Ini Rudal Iran yang Bikin Israel Ciut

Panglima Kodam IV/Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Rudianto sudah mendatangi markas Yonif Raider 408/Suhbrastha untuk memberikan arahan kepada para prajurit yang akan bertugas.

Sejauh ini, persiapkan keberangkatan sedang dimatangkan, prajurit-prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Pamtas tersebut sedang melaksanakan latihan pratugas di markas mereka di Sukowati, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

VIVA Militer: Yonif Raider 408/Suhbrastha

Photo :
  • Yonif Raider 408/Suhbrastha

Dalam pelaksanaan operasi ke Papua nanti, Yonif Raider 408/Suhbrastha akan dipimpin Komandan Satgas Pamtas, Letnan Kolonel (Letkol) Inf Ade Afri Verdaniex.

Perlu diketahui, Yonif Raider 408/Suhbrastha merupakan batalyon kedua milik Kodam Diponegoro yang tahun 2021 ini mendapatkan penghargaan untuk menjalankan operasi di Papua. Sebelumnya Kodam Dipoengoro sudah mengerahkan Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratista alias Garuda Merah ke Papua.

Sebelumnya Kodam Diponegoro mengerahkan pasukan pemukul mereka yakni Yonif Raider 400/Banteng Raiders untuk melaksanakan operasi Satgas Pamtas Penyangga Mobile RI-PNG, dan ada 39 prajurit dari Yonif Raider 408/Suhbrastha yang bergabung dengan operasi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya