PPKM Darurat Diterapkan, TNI Gelar Serbuan Vaksinasi hingga Dalam Mal

VIVA Militer: Panglima TNI tinjau serbuan vaksin di Mal Kota Kasablanka
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Ibukota DKI Jakarta menjadi momentum bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polri, serta Satgas COVID-19 DKI Jakarta untuk menggempur sejumlah wilayah di Ibukota DKI Jakarta dengan serbuan vaksin.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Bahkan, untuk menekan angka penyebaran COVID-19 di wilayah Ibukota Jakarta serbuan vaksinasi tidak hanya dilakukan di perkampungan warga saja, tapi beberapa Mal di Jakarta juga menjadi sasaran atau target serbuan vaksinasi COVID-19.

Seperti halnya yang dilakukan hari ini. Satgas COVID-19 DKI Jakarta bersama unsur TNI dan Polri melakuan serbuan vaksinasi di Mal Kota Kasablanka (Kokas) yang berada di bilangan Jakarta Selatan. Bahkan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pun hari ini mendatangi Mall Kokas untuk memantau secara langsung serbuan vaksinasi yang ditujukan untuk masyarakat yang tinggal di sekitar mal itu.

Wakasal Laksdya TNI Erwin Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI AU

Dalam kunjungannya itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang datang bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyempatkan diri untuk berdialog dengan para Tenaga Kesehatan (Nakes) atau dokter dari TNI, Polri, dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Ketika menyambut kedatangan Panglima TNI, Direktur Mal Kokas, Lusiana menyampaikan beberapa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan serbuan vaksinasi di Mall Kasablanka itu. Menurut Lusiana, salah satu kendala yang sangat penting adalah kurangnya Tenaga Kesehatan atau vaksinator di Mal Kokas. Menurutnya, Nakes ditempat itu hanya mampu memvaksin sekitar 1.400 orang per hari.

5 Sosok Jenderal Bintang 1 yang Dilantik Panglima TNI Jadi Kasdam, Ada eks Kadispenad

“Kami kurang Nakes bapak, sekiranya bapak bisa mengupayakan penambahan Nakes, kami akan mampu memvaksin 3.000 masyarakat per hari,” kata Lusiana kepada Panglima TNI, Senin, 5 Juli 2021.

Panglima TNI pun langsung merespon apa yang disampaikan Lusiana. “Kita akan dukung dan tambahan Nakes dari TNI untuk di tempat ini, supaya apa yang diharapkan pemerintah dan kita semua masyarakat Indonesia segera terwujud,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Pada kesempatan yang sama, dr. Ngabila Salama dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta sebagai Koordinator Pelaksanaan Vaksin di Mall Kokas menjelaskan, saat ini tenaga kesehatan yang tersedia di Mall Kasablanka telah memberikan vaksin kepada 1400 masyarakat yang terdiri dari karyawan yang bekerja di Mal Kokas, masyarakat yang tinggal di sekitar Mal, serta 600 warga Jakarta yang mendaftarkan diri melalui aplikasi Jakarta Kini (Jaki) yang telah disediakan oleh Pemprov. DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya