11 Bulan Hadapi Teror OPM, Pasukan Macan Kumbang TNI Tiba di Markas

VIVA Militer: Pasukan Satgas Pamtas Penyangga Mobile Yonif Raider 515/UTY
Sumber :
  • Instagram/@yonif_raider_515_uty

VIVA – 450 prajurit TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 515/Ugra Tapa Yudha (UTY) kembali ke markas di Tanggul, Jember, Jawa Timur, setelah selama kurang lebih 11 bulan melaksanakan tugas di Papua, Kamis 22 Juli 2021.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Di bawah komando Komandan Yonif (Danyonif) Raider 515/UTY, Letkol Inf. Jon Patar Hasudngan Banjarnahor, iring-iringan prajurit memasuki markas. Suka cita terlihat dalam prosesi penyambutan, yang digelar oleh anggota Persatuan Istri Tentara (Persit).

Selain keluarga, kedatangan pasukan Yonif Raider 515/UTY juga disambut oleh Panglima Divisi Infanteri 2/Kostrad (Pangdivif 2/Kostrad), Mayjen TNI Andi Muhammad.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Andi memastikan, selama menjalankan tugas di Papua pasukan Yonif Raider 515/UTY yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Penyangga Mobile, telah melaksanakan tugas dengan maksimal.

Photo :
  • Penerangan Divif 2/Kostrad
Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Dedikasi dan militansi tinggi yang dimiliki anggota Yonif Raider 515/UTY dibuktikan dalam sejumlah prestasi. Beberapa diantaranya adalah berhasil menangkap sejumlah tokoh kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Hendaknya pengalaman penugasan ini, dapat dijadikan referensi sebagai bekal untuk melanjutkan pembinaan dalam rangka meningkatkan kemampuan prajurit Yonif Raider 515/UTY/9/2 Kostrad guna mempersiapkan diri dalam menghadapi pelaksanaan tugas-tugas ke depan," ujar Andi dalam pidatonya.

"Selamat kembali ke Satuan dan selamat bertemu kembali dengan keluarga, kalian berangkat dengan penuh kehormatan dan kembali dengan penuh kebanggaan," katanya.

Sementara itu, Danyonif Raider 515/UTY memanjatkan puji syukur atas keberhasilannya dalam menjalankan tugas di Bumi Cenderawasih. 

Photo :
  • Penerangan Divif 2/Kostrad

Yang membuatnya bangga selain mampu menorehkan prestasi, anggotanya juga bisa seluruhnya kembali dengan selamat.

"Alhamdulillah kita sekarang sudah sampai kembali ke asrama. Keadaan kita sampai dengan saat ini, dari kemarin kita berangkat 450 orang kembali sekarang 450 lengkap. Semuanya aman, sehat," ucap Jon.

Sebelumnya, Satgas Pamtas Penyangga Mobile Yonif Raider 515/UTY berangkat ke Papua pada Agustus 2020 lalu. Pasukan yang berjuluk Macan Kumbang ini adalah salah satu satuan andalan yang dimiliki oleh Kostrad, yang berada di bawah komando Divisi Infanteri 2/Kostrad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya