Marinir TNI AL Berangkatkan Prajurit Pilihan Penjaga Pulau Berhala

VIVA Militer: Prajurit Pasmar 1 Marinir penjaga Pulau Berhala
Sumber :
  • Pen.Pasmar 1

VIVA – Korps Marinir TNI Angkatan Laut telah mempersiapkan sejumlah prajurit pilihannya untuk ditugaskan di Pulau Berhala. Pulau terluar Indonesia di Selat Malaka itu menjadi salah satu pulau yang menjadi perhatian Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai tindak kejahatan internasional.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Hari Senin, 26 Juli 2021 kemarin, Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) 1, Brigen TNI Marinir Hermanto memimpin langsung Upacara Pelepasan Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (Pam Puter) XXV Marinir wilayah barat tahun 2021 di lapangan Apel Brigif 1 Mar Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak.

Dalam upacara pemberangkatan itu, Korps Marinir TNI Angkatan Laut dari jajaran Pasmar 1 telah mengirim 58 prajurit pilihan Marinir TNI Angkatan Laut yang akan ditugaskan di perbatasan pulau terluar Indonesia, khususnya di wilayah Barat.

90 Hari Digembleng, Dankormar Sematkan Baret Ungu ke 504 Prajurit Petarung Marinir Baru

Danpasmar 1 menjelaskan, pihaknya tidak hanya akan mengirim pasukan ke Pulau Berhala saja, tapi sejumlah pulau terluar di wilayah barat lainnya juga dijaga oleh prajurit pilihan Marinir TNI Angkatan Laut. Selain Pulau Berhala yang menjadi objek pengamanan adalah, Pulau Rondo dan Pulau Sekatung.

VIVA Militer: Danpasmar 1 mengecek kesiapan pasukan Pam Puter XXV 2021

Photo :
  • Pen.Pasmar 1
Jenderal Kakap Bintang 4 Mantan Komandan Korps Anjing Setan Militer Amerika Meninggal Dunia

"Satgas ini bertugas untuk melaksanakan pengamanan pulau terluar wilayah barat Yuridiksi Nasional antara lain meliputi Pulau Rondo, Berhala, Sekatung dalam rangka mendukung tugas pokok TNI dan integritas NKRI," kata Danpasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Selasa, 27 Juli 2021.

Dalam kesempatan itu, Danpasmar 1 Marinir juga menyampaikan amanat Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono kepada 58 prajurit pilihan yang akan bertugas di Pulau Terluar Indonesia. Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono berpesan kepada seluruh prajurit yang terlibat Satgas Puter untuk selalu melaksanakan penugasan secara profesional, meningkatkan kewaspadaan, membangun koordinasi dan kolaborasi dengan satuan setempat.

Upacara pelepasan Pam Puter XXV Marinir Tahun 2021 itu, juga dihadiri sejumlah pejabat tinggi di lingkungan Pasmar 1 Marinir, diantaranya Wadan Pasmar 1 Kolonel Marinir Sugianto, para Asisten Danpasmar 1, serta para Komandan Kolak Pasmar 1.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya