Percepat Vaksinasi, 300 Prajurit TNI AL Koarmada II Serbu Pulau Bawean

VIVA Militer:Pangkoarmada II dan Gubernur Jatim tinjau vaksinasi di Pulau Bawean
Sumber :
  • Pen Koarmada II

VIVA –  Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut dari jajaran Komando Armada (Koarmada) II kembali mengerahkan 300 personel pasukan TNI Angkatan Laut untuk menyerbu Pulau Bawean, Jawa Timur.

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

Serbuan ke Pulau Bawean kali ini dilakukan untuk mempercepat program vaksinasi nasional sesuai yang diperintahkan oleh Presiden RI Joko Widodo kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang kemudian ditindaklanjuti oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Untuk diketahui, Pulau Bawean adalah sebuah pulau yang terletak di tengah Laut Jawa, berjarak 90 NM (165 KM) di utara Kota Surabaya.

Terpopuler: Pelat Nomor TNI Fortuner yang Viral, Skema Kredit Honda Stylo 160

Untuk mempercepat serbuan vaksinasi di Pulau yang terpencil itu, Panglima Koarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto telah menunjuk Komandan Satuan Amfibi (Dansatfib) Koarmada II Kolonel Laut (P) Imam Purwanto sebagai Dansatgas percepatan vaksinasi nasional di Pulau Bawean tersebut.

Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto menjelaskan, serbuan vaksinasi ke Pulau Bawean dilakukan dengan cara mengerahkan kapal perang KRI Makasar-590 untuk memudahkan gempuran vaksinasi ke Pulau Bawean tersebut.  

Terpopuler: Klaim Israel soal Iran Disebut Halu, Ribuan Pendukung Prabowo Siap Jadi Amicus Curiae

Khusus di Pulau Bawean, serbuan vaksinasi dilakukan selama 3 hari berturut-turut, yaitu mulai tanggal 28 hingga 30 Juli 2021, dengan mentargetkan 10.000 orang untuk divaksin selama pelaksanaan.

"Untuk menghindari kerumunan berlebihan dan memudahkan mobilitas warga, maka vaksinasi di Pulau Bawean dibagi menjadi 6 Pos atau lokasi, yaitu, Pos 1 di Pesanggrahan Kabupaten Kec. Sangkapura, Pos 2 di Aula Pesantren Hasan Jufri, Pos 3 di Desa Daun, Pos 4 di Pendopo Kec. Tambak, Pos 5 di Puskesmas Pembantu Desa Teluk Jati Dawang Kec. Tambak, dan Pos 6 di UPT SDN 361 Gresik Desa Diponggo Kec. Tambak," kata Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurmanto dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Kamis, 29 Juli 2021.

Dia menambahkan, dalam serbuan vaksinasi di Pulau Bawean, jumlah tenaga medis yang dilibatkan sebanyak 150 orang yang terdiri dari berbagai unsur, diantaranya, 20 orang dari Diskes Koarmada II, 100 orang Mahasiswa STIKES Hang Tuah Surabaya, serta 30 orang dari Puskesmas Tambak dan Puskesmas Sangkapura.

"Kegiatan juga dimanfaatkan untuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang COVID-19 dan vaksinasi sehingga masyarakat mendapat informasi yang tepat serta tidak termakan hoaks yang berkembang dan menyesatkan," ujarnya.

Selain menggelar vaksinasi, Pangkoarmada II menjelaskan, Satgas Koarmada II juga akan menyalurkan bantuan dari Pemprov Jawa Timur dan Relawan COVID-19 kepada masyarakat Pulau Bawean. Bantuan yang diserahkan berupa, 2500 buah APD, 50.000 masker, 1.000 buah Swab Antigen, 100 paket sembako, 150 karton air mineral, 100 paket susu dan telur, 100 paket susu dan roti, serta 150 botol Vitamin C IPI.

Untuk diketahui, serbuan vaksinasi besar-besaran yang dilakukan Koarmada II di Pulau Bawean itu juga turut dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan sejumlah pejabat utama dari Koarmada II TNI Angkatan Laut lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya