Siap-siap, Latihan Perang Terbesar Dalam Sejarah TNI AD Segera Dimulai

VIVA Militer : Latihan Tempur TNI Angkatan Darat
Sumber :
  • TNI AD

VIVA – Agustus 2021 akan menjadi sebuah sejarah penting bagi seluruh prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat. Sebab, sejak tanggal 1 hingga 14 Agustus 2021 akan digelar sebuah latihan pertempuran terbesar dalam sejarah bangsa Indonesia yang melibatkan ribuan personel pasukan TNI Angkatan Darat dan prajurit Tentara Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army).

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna jauh-jauh hari telah mengatakan, Latihan Bersama Garuda Shield ke-15 yang akan digelar di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI Angkatan Darat Baturaja, Sumatera Selatan adalah latihan tempur terbesar dalam sejarah perjalanan TNI Angkatan Darat yang telah digagas oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Garuda Shield tahun ini akan menjadi latihan terbesar sepanjang sejarah kerjasama TNI Angkatan Darat dengan Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army)," kata Brigjen TNI Tatang Subarna dalam keterangannya.

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

Dia menjelaskan sekitar jumlah personel TNI Angkatan Darat yang terlibat dalam latihan tersebut sebanyak 2.246 personel TNI Angkatan Darat dari berbagai satuan. Sementara, prajurit Angkatan Darat Amerika Serikat yang akan dilibatkan sebanyak 2.282 personel pasukan.

Adapun materi latihan yang akan dihelat bersama yaitu latihan Staff Exercise, Field Traineng Exercise, Live Fire Exercise, Medical Exercise, dan Aviation.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

"Tujuan dari latihan bersama ini adalah untuk meningkatkan kerjasama dan kemampuan prajurit TNI AD dengan Angkatan Darat Amerika Serikat dalam pelaksanaan tugas operasi," ujarnya.

Untuk diketahui, latihan bersama Garuda Shield ke-15 tahun 2021 ini akan digelar di tiga lokasi latihan berbeda, yaitu di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Baturaja, Amborawang, dan Makalisung.

Hingga saat ini, TNI Angkatan Darat telah menerjunkan sejumlah Alutsista yang akan digunakan dalam latihan perang terbesar sepanjang sejarah TNI Angkatan Darat itu ke Sumatera Selatan, diantaranya sejumlah armada helikopter tempur Apache dari satuan Skadron Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) yang akan mensukseskan latihan tersebut.

Dan rencananya, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa akan membuka secara resmi Latma Garuda Shield ke-15 tahun 2021 pada tanggal 4 Agustus 2021 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya