Target Vaksinasi Baru 17 Persen, TNI AL Geser Pasukan ke Sumedang

VIVA Militer: KSAL tinjau serbuan vaksinasi di Kabupaten Sumedang
Sumber :
  • Dispen Lantamal III

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) hari ini melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang. Kedatangan jenderal bintang empat TNI Angkatan Laut itu ke Sumedang ingin meninjau secara langsung serbuan vaksinasi yang digelar oleh pasukannya yang berasal dari satuan Lanal Bandung yang berada dibawah jajaran Lantamal III Jakarta di Lapangan GOR Tadjimalela, Kabupaten Sumedang.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

"Ini kita lakukan karena sesuai dengan data yang kita terima bahwa di Sumedang ini laju vaksinasinya baru mencapai sekitar 17 persen, sehingga kita arahkan serbuan vaksinasi di sini," kata KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, Senin, 2 Agustus 2021.

Yudo menambahkan, selama ini TNI Angkatan Laut selama ini telah memprioritaskan serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim yang ada di pulau-pulau terpencil, pelabuhan-pelabuhan, serta Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain Netanyahu, Ini Pihak Israel yang Dikabarkan Akan Ditangkap Pengadilan Kriminal Internasional

Namun, lanjut KSAL, karena tingkat prosentase vaksinasi di Kabupaten Sumedang masih sangat jauh dari harapan, dirinya langsung menginstruksikan jajarannya untuk bergeser ke daerah-daerah yang capaian vaksinasinya masih rendah, termasuk di wilayah Kabupaten Sumedang.

"Kini kita mensasar ke daerah-daerah yang sesuai data laju vaksinasinya masih minim sehingga kita bersama-sama dengan instansi TNI, Polri, maupun dengan instansi terkait untuk melakukan serbuan vaksinasi ke daerah-daerah yang masih minim. Sehingga harapannya semua nanti terjadi pemerataan dalam vaksinasi," ujarnya.

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan

Sementara itu, Komandan Lantamal III Jakarta, Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq yang turut mendampingi Kasal menyampaikan, serbuan vaksinasi yang dilakukan seluruh kekutan TNI Angkatan Laut bersama sejumlah instansi terkait lainnya di Sumedang hari ini menargetkan 2500 dosis vaksin. Serbuan vaksinasi itu ditargetkan untuk mensasar anak usia 12-18 tahun, hingga para lansia yang belum mendapatkan suntikan vaksin.

VIVA Militer: KSAL tinjau serbuan vaksinasi di Kabupaten Sumedang

Photo :
  • Dispen Lantamal III

Dalam kesempatan itu, Danlantamal juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan vaksinasi agar segera mendatangi sentra-sentra vaksinasi yang ada di sekitar wilayahnya. Vaksinasi penting untuk dilakukan agar tingkat kekebalan tubuh masyarakat dapat terbentuk, hingga tidak mudah terserang virus COVID-19.

"TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal III Jakarta dan jajarannya akan selalu mendukung terus program pemerintah dengan mengerahkan personel dan seluruh kekuatan yang ada, apalagi saat ini Sumedang termasuk daerah yang rendah menerima vaksinasi," kata Danlantamal III, Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq.

Selain menggelar serbuan vaksinasi, lanjut Danlantamal III, pihaknya hari ini juga memberikan bantuan ribuan paket sembako kepada masyarakat di Sumedang yang telah mengikuti vaksin. Pembagian paket sembako itu dilakuan dengan tujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19.

Untuk diketahui, dalam serbuan vaksinasi di Kabupaten Sumedang hari ini TNI Angkatan Laut tidak bergerak sendirian. Mereka telah melibatkan sejumlah Tenaga Kesehatan (Nakes) dari berbagai unsur, diantaranya, dari Dinas kesehatan Lantamal III, Tim Kesehatan Lanal Bandung, Tim Kesehatan Lanal Cirebon, dan Kesdam III/Siliwangi, serta Dinkes Kabupaten Sumedang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya