Catatan Emas Jenderal TNI Soerjadi Soedirdja, Anak Kampung Batavia

VIVA Militer: Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Soerjadi Soedirdja
Sumber :

VIVA – Indonesia kembali ditinggal pergi oleh salah satu putra terbaiknya. Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Soerjadi Soedirdja, Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke-8, meninggal dunia Selasa 3 Agustus 2021 pada usia 81 tahun.

Alasan Pengemudi Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Jalani Pemeriksaan Psikologi

Lahir di Jakarta (saat itu masih bernama Batavia) 11 Oktober 1939, Soerjadi dikenal sebagai sosok yang cerdas, tegas, tapi ramah. Bukti kecerdasan Soerjadi terbukti saat menamatkan pendidikan militer di Akademi Militer Nasional (AMN) pada 1961. 

Saat itu, Soerjadi menyegel status sebagai lulusan terbaik dan berhak mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa.

Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Terancam 6 Tahun Bui

Di dunia militer Soerjadi pernah menduduki sejumlah posisi strategis, baik di satuan tempur maupun di komando teritorial. Nama Soerjadi tercatat sebagai salah Komandan Brigade Infanteri 15/Kujang II dan Kepala Staf Komando Daerah IV/Diponegoro.

Tak hanya itu, Soerjadi juga pernah menduduki kursi Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta/Jaya (Pangdam Jaya) periode 1988 hingga 1990. Setelah itu, Soerjadi diangkat menjadi Asisten Sosial Politik Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) pada 1992.

Pengemudi Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal TNI Jadi Tersangka

Berbekal pengalaman sebagai Pangdam Jaya selama hampir tiga tahun, Soerjadi dipercaya Presiden RI ke-2, Jenderal Besar TNI (Purn.) Soeharto, untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta. Soerjadi diangkat menjadi Gubernur DKI Jakarta ke-8, menggantikan posisi Letjen TNI Wiyogo Atmodarminto.

Meski tampuk kepemimpinan berganti, ternyata Soerjadi masih dipercaya untuk memimpin sejumlah institusi negara.

Di masa kepemimpinan Presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Soerjadi ditunjuk menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial dan Keamanan (Menkopolsoskam).

Salah satu catatan tinta emas yang pernah ditorehkan Soerjadi semasa hidupnya sudah tentu di dunia militer. Ya, Soerjadi adalah salah satu dari 28 orang Perwira Tinggi lulusan Akademi Militer (Akmil), yang berhasil mencapai pangkat jenderal bintang empat.

Tak hanya itu, Soerjadi juga menjadi salah satu lulusan terbaik Akademi Militer yang juga berhasil mencapai titel Jenderal TNI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya