Karier Kolonel Ajudan Jokowi Melesat Jadi Wakil Danjen Kopassus TNI

VIVA Militer: Kolonel Inf Deddy Suryadi.
Sumber :

VIVA Militer Nusantara, Tentara Nasional Indonesia (TNI) baru saja melakukan perombakan jabatan besar-besaran. Total ada 60 perwira tinggi yang dirotasi untuk mutasi dan juga promosi.

Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut

Berdasarkan siaran resmi Markas Besar TNI yang diterima VIVA Militer, perombakan besar-besaran itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/684/VIII/2021 tanggal 2 Agustus 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Dalam Surat Keputusan itu, TNI Angkatan Darat menjadi kesatuan terbanyak yang dirombak jabatannya dengan total sebanyak 31 perwira tinggi. Sedangkan TNI Angkatan Udara sebanyak 16 pati dan TNI Angkatan Laut sebanyak 13 pati.

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Nah yang menarik perhatian ialah tentang melesatnya karier mantan ajudan Presiden RI Joko Widodo, yaitu Kolonel Infanteri Deddy Suryadi.

Di SK itu, jebolan Akademi Militer (Akmil) 1996 tersebut dipercaya untuk menjabat posisi sebagai orang nomor dua di tubuh The Special Force, Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Jadi beliau diangkat jadi Wakil Komandan Jenderal Kopassus menggantikan Brigadir Jenderal TNI Tri Budi Utomo.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Kolonel Inf Deddy Suryadi sebelum merupakan Komandan Komando Resor Militer (Korem) 074/Warastratama, Surakarta, Jawa Tengah.

Beliau adalah orang yang dipercaya menjadi ajudan Presiden Jokowi. Dia berada di sisi Jokowi selama dua tahun yakni mulai tahun 2017 hingga 2019.

Kolonel Inf Deddy dipercaya menjad Wadanjen Kopassus karena Brigjen TNI Tri Budi Utomo diangkat menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Dan Paspampres) menggantikan Mayjen TNI Agus Subiyanto yang naik jabatan menjadi Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya