Kolonel Marinir Tatar Perwira Muda: Jangan Jadi Tentara Salon!

VIVA Militer: Dankolatmar, Kolonel (Mar) I Made Sukada (kiri)
Sumber :
  • Instagran/@marinir_tni_al

VIVA – Tak mudah bagi seorang perwira TNI untuk menjalankan peran sebagai komandan. Perlu jiwa kepemimpinan, kemampuan manajemen, dan mental yang lebih baik dari para prajurit yang dipimpinnya. Tak terkecuali bagi para perwira muda di Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Seminggu Dilantik,Kolonel Marinir Rana Tancap Gas Gelar Entry Briefing Prajurit Petarung Balasanggha

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari akun Instagram resmi Korps Marinir TNI Angkatan Laut, Komandan Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) Kolonel (Mar) I Made Sukada, memberikan penegasan kepada 17 perwira muda.

Pada sesi Jam Komandan Kursus Perwira Remaja (Suspaja) Akademi Angkatan Laut (AAL) LXVI, di Ruang Olah Yudha Pusat Latihan Pasukan Pendarat (Puslatpasrat), Gunungsari, Surabaya, 3 Agustus 2021, Kolatmar memberikan arahan yang cukup mengasah mental para perwira muda Korps Marinir.

Menegangkan! Tentara Korea Selatan Gelar Latihan Senjata Besar di Dekat Perbatasan Korut

Kolonel (Mar) I Made Sukada memberikan pandangan dan pemahaman tentang dunia nyata bagaimana menjadi seorang Komandan Pleton (Danton). Seorang Danton harus tangguh, mampu menjabarkan tugas satuan dan tanggung jawan pleton yang dipimpinnya.

VIVA Militer: Dankolatmar, Kolonel (Mar) I Made Sukada

Photo :
  • Instagram/@marinir_tni_al
3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

"Jadilah Komandan Peleton yang dibanggakan dan disegani oleh anggota. Tumbuhkan semangat juang dan motivasi, karakter dan jati diri sebagai Komandan Peleton yang tangguh, militan dan mempunyai jiwa petarung di medan pertempuran!" tegas Kolatmar.

Yang paling mengasah mental pada perwira muda adalah saat Kolatmar dengan tegas melarang seorang perwira memiliki mental yang lemah. 

Seorang perwira Korps Marinir tak boleh manja dan hanya mementingkan penampilan. Selain itu, seorang prajurit petarung Korps Marinir juga harus mencari pengalaman tempur sendiri.

"Jangan menjadi Tentara salon, tentara pesolek, tentara tama, tentara papa, yang merengek dan menangis minta dikasihani, bila diberi tugas," ujar Made melanjutkan.

VIVA Militer: Suspaja TA 2021 Korps Marinir TNI Angkatan Laut

Photo :
  • Instagram/@marinir_tni_al

"Pantang mendengar pengalaman bertempur orang lain. Cari dan cari pengalaman bertempur sendiri. Jadilah Perwira petarung kebanggaan Korps Marinir yang andal di medan tugas!" katanya.

Suspanja Tahun Anggaran (TA) 2021 yang digelar Kolatmar sendiri sudah digelar sejak 30 Juli 2021. Ke-17 perwira muda Korps Marinir masih akan mengikuti Suspaja hingga 29 Oktober 2021 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya