KSAD dan Komandan USARPAC Sematkan Wing Terjun ke 569 Garuda Airborne

VIVA Militer: KSAD menyematkan Wing Terjun kepada Tentara AS di Baturaja, Sumsel
Sumber :
  • Dispenad

VIVA – 569 penerjun gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) AD dan Tentara Amerika Serikat (US Army) berhasil mendarat dengan sempurna di titik tinjau penerjunan, Talang Sipin, Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Baturaja, Sumatera Selatan, pada hari Rabu, 4 Agustus 2021.

Satgas Yonif 623/BWU TNI AD Gandeng Chef Bobon Gelar Makan Makan Besar di Daerah Rawan Papua

Penerjunan 569 Garuda Airbone itu merupakan rangkaian dari pembukaan Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield ke-15 Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh TNI Angkatan Darat bersama US Army di tiga lokasi berbeda, yaitu Puslatpur Baturaja, Sumatera Selatan, Puslatpur Amborawang, Kalimantan Timur, dan Puslatpur Makalisung, Minahasa.

Kedatangan 569 penerjun Garuda Airbone itu langsung disambut hangat oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dan Panglima Komando Angkatan Darat Amerika Serikat di Pasifik (USARPAC), Jenderal Charles A. Flynn yang sudah menunggu kedatangan mereka di Puslatpur Kodiklatad Baturaja, Palembang, Sumatera Selatan.

Panglima TNI Tunjuk Jenderal Berdarah Timor Leste Jadi Danrem 151/Binaiya Ambon, Ini Profilnya

Setibanya di titik pendaratan, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Jenderal Flynn langsung menyematkan wing terjun kepada 569 penerjun Garuda Airbone tersebut.

VIVA Militer: Komandan USARPAC Jenderal Charles A. Flynn sambut Garuda Airborne

Photo :
  • Dispenad
Bentrok Senjata TNI Vs OPM Pecah di Mile 69, Abu Bakar Kogoya Tewas

Untuk diketahui, 569 penerjun Garuda Airbone itu terdiri dari 91 penerjun TNI AD dan 478 penerjun US Army. Mereka berangkat dari Pangkalan Militer AS, Guam dengan menggunakan sembilan unit Pesawat C-17 Globe Master.

Sembilan pesawat C-17 Globe Master yang masuk ke Indonesia membawa penerjun Garuda Airborne terdiri dari, pesawat pertama dengan 42 peterjun, pesawat kedua 70 peterjun, pesawat ketiga 71 peterjun, pesawat ke empat 68 peterjun, pesawat kelima 68, pesawat ke enam 72, pesawat ketujuh 50, pesawat kedelapan 68 dan pesawat terakhir 60 peterjun dengan titik pendaratan di Area Puslatpur Martapura Sumatera Selatan.

Perlu diketahui pula, sebelum melakukan penerjunan, 91 prajurit terpilih dari satuan TNI Angkatan Darat yang berkualifikasi Para atau Lintas Udara itu telah melakukan latihan bersama dengan prajurit Divisi 82 Airborne US Army di Fort Bragg, North Carolina, Amerika Serikat sejak tanggal 16 Juli 2021 lalu.

Latihan Bersama Garuda Airborne ini merupakan penerjunan lintas negara yang baru pertama kali dilakukan antar militer kedua negara dan merupakan bagian dari Latihan Bersama Garuda Shield-15 tahun 2021 yang dilaksanakan dari tanggal 1 sampai dengan 14 Agustus 2021 mendatang.

Baca: 569 Penerjun Pilihan TNI AD dan US Army Gegerkan Langit Palembang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya