2 Wanita Berbaju Loreng Rupanya Pasukan Elite TNI dan Amerika

VIVA Militer: Letda (Chb) Rizky Puspita dan Letnan Satu Monica Smith
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield 2021 yang melibatkan prajurit TNI Angkatan Darat dan Angkatan Darat Amerika Serikat (United States Army), ternyata tak selalu berhubungan dengan senjata dan strategi perang. Coba simak obrolan santai dua wanita perkasa Indonesia dan Amerika Serikat (AS) ini.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Seperti yang diketahui, Latma Garuda Shield 2021 adalah yang ke-15 kalinya digelar. Yang spesial, latihan militer antara TNI Angkatan Darat dan Angkatan Darat AS (US Army) tahun ini jadi yang terbesar sejak pertama kali digelar pada 2009 silam.

Bagaimana tidak, total ada 4.528 prajurit gabungan TNI Angkatan Darat dan US Army yang ambil bagian dalam Latma Garuda Shield 2021.

Panglima TNI Kumpulkan 43 Atase Militer Negara Sahabat di Jakarta, Ada Apa?

Selain bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur militer matra darat kedua negara, Latma Garuda Shield 2021 juga mengakrabkan para prajuritnya. Di sela kesibukan para prajurit, ada dua perwira wanita yang saling bercengkrama dengan hangat.

VIVA Militer: Letda (Chb) Rizky Puspita dan Letnan Satu Monica Smith

Photo :
  • Youtube
Panglima TNI dan Komandan Perang Indo Pasifik Amerika Bahas Latihan dan Kerjasama Militer

Kedua perwira wanita itu adalah Letda (Chb) Rizky Puspita, Komandan Pleton (Danton) Komunikasi Batalyon Infanteri Para Raider 330/Tri Dharma (Yonif PR 330/TD) dan Letnan Satu Monica Smith, yang menjabat sebagai Danton Infantery Brigade Combat Team (IBCT), 25th Infantery Division US Army.

Dalam kesempatan tersebut, Rizky dan Monica saling bercerita tentang pengalaman dan tugasnya sehari-hari sebagai perwira wanita di kesatuannya masing-masing.

Monica mengaku, baru kali ini ia bisa berjumpa langsung dengan prajurit wanita Indonesia. Ia merasa sangat senang bisa mendapatkan pengalaman ini.

Sementara itu, Rizky justru sama sekali tak menyangka bisa berbincang langsung dengan perwira wanita US Army.

VIVA Militer: Anggota Yonif PR 330/TD, Letda (Chb) Rizky Puspita Rahayu

Photo :
  • Youtube

"Saya tidak pernah berhubungan dengan prajurit militer Indonesia, dan saya hanya melihat prajurit pria. Saya sangat terkejut dengan Rizky, dan saya merasa tidak percaya diri. Jadi, saya membiarkannya memperkenalkan dirinya," ucap Smith.

"Seluruh tentara Amerika semakin banyak (berdatangan) dan sangat, sangat bersahabat. Itu tidak terbanyak sebelumnya," kata Rizky.

Larut dalam perbincangan diselingi gelak tawa. Hingga suatu ketika, Smith memberi pertanyaan kepada Rizky. Monica menanyakan ke mana Rizky akan berkunjung jika ada kesempatan untuk melawat ke Negeri Paman Sam. 

"Jika Anda bisa berkunjung ke mana pun di Amerika Serikat, ke mana Anda akan pergi?" tanya Monica.

VIVA Militer: Anggota Ranger US Army, Letnan Satu Monica Smith

Photo :
  • Youtube

"Untuk pertama kalinya saya sangat ingin pergi ke Hawaii. Saya sangat suka pantai," ujar Rizky menjawab pertanyaan Monica sambil tertawa.

Saat mendengar jawaban Rizky ingin pergi ke Hawaii, Monica pun langsung menimpalinya dengan keinginannya pergi ke Bali. Siapa sangka, perwira wanita anggota satuan Ranger US Army ini belum pernah mengunjungi Pulau Dewata.

"Saya sangat ingin pergi ke Bali. Saya belum pernah pergi ke bali," sambung Monica.

"Jadi, setelah ini saya akan memberimu tumpangan (pergi ke Bali). Saya akan mengantar Anda ke Pulau Bali dan mendampingimu Anda belum pulang," ucap Rizky.

Obrolan santai lagi hangat antara perwira wanita satuan elite Raider TNI Angkatan Darat dan Ranger US Army ini jadi bukti, salah satu tujuan Latma Garuda Shield 2021 untuk menjali persahabatan antar prajurit telah tercapai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya