Kejar Target Vaksinasi, TNI AL Gandeng HIPMI Serbu Pesisir Jakarta

VIVA Militer: Wakasal tinjau vaksinasi di TPI Modern Muara Baru
Sumber :
  • Pen. Lantamal III

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut  kembali menggelar serbuan vaksinasi di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Modern Muara Baru, Jakarta Utara. Kali ini, TNI Angkatan Laut tidak sendirian dalam mencapai target serbuan vaksinasi di kawasan pesisir, mereka menggandeng organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk mempercepat sebaran vaksinasi di kawasan pesisir Indonesia.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Puwono yang meninjau serbuan vaksinasi di TPI Modern Muara Baru mengucapkan terima kasih kepada BPP HIPMI yang telah bekerja sama dan membantu dalam serbuan vaksinasi yang menargetkan masyarakat maritim di kawasan pesisir.

Wakasal menjelaskan, sesuai perintah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, TNI Angkatan Laut sejak Juni 2021 lalu memang fokus untuk mensasar masyarakat maritim di seluruh Indonesia. Selain itu, lanjut Wakasal, TNI Angkatan Laut juga telah mensasar serbuan vaksinasi ke pulau-pulau terkecil yang sulit dijangkau.

WHO Peringatkan Ancaman Wabah Penyakit yang Serang Anak-anak di 2024

"Seperti yang kita lakukan di TPI Muara Baru hari ini, untuk TNI AL di sini kita sebenarnya melakukan vaksinasi dosis kedua. Karena dua minggu lalu kita dari jajaran Lantamal III Jakarta sudah melakukan vaksinasi tahap kedua. Dan kehadiran teman-teman HIPMI di sini mempertebal sebaran vaksinasi di Muara Baru ini, sehingga hari ini serbuan vaksinasi tidak hanya vaksinasi dosis kedua saja, tapi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin sama sekali bisa datang ke sini," kata Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono di TPI Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis, 5 Agustus 2021.

Orang nomor dua di Matra TNI Angkatan Laut itu menambahkan, saat ini, TNI Angkatan Laut sudah mulai melebarkan target sasaran vaksinasi di luar masyarakat maritim. Jadi, lanjut Wakasal, TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia kini sudah mulai mensasar masyarakat yang prosentase sebaran vaksinasinya masih rendah.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

VIVA Militer: Wakasal dan Kepala BNPB tinjau vaksinasi di TPI Modern Muara Baru

Photo :
  • Pen. Lantamal III

"Kita sangat berharap dengan adanya serbuan vaksinasi ini target vaksinasi nasional segera tercapai, sehingga herd immunity masyarakat dapat terbentuk dan masyarakat tidak mudah terpapar COVID-19," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum HIPMI Mardani H.Maming mengatakan, HIPMI sengaja menargetkan masyarakat maritim dalam membantu pemerintah dalam mempercepat vaksinasi. Menurut Mardani, seluruh lapisan masyarakat memiliki hak yang sama untuk mendapatkan vaksin, termasuk masyarakat maritim yang mayoritas dihidupi oleh para nelayan.

Dia berharap, dengan adanya serbuan vaksinasi yang ditargetkan kepada masyarakat maritim, perekomomian di kawasan maritim dapat segera pulih dan kembali bangkit.

Dia juga menambahkan, selain di Jakarta, HIPMI juga akan melakukan serbuan vaksinasi ke sejumlah daerah yang menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat lainnya, diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

"Kita mempersiapkan 30 ribu vaksin yang akan kita sebar ke daerah-daerah tersebut," katanya.

Serbuan vaksinasi di TPI Muara Baru kali ini juga turut dihadiri sejumlah pejabat negara, diantaranya Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Wahyu Sakti Trenggono, Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji, serta Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI Umar Farouq.  

Baca: Garuda Shield Resmi Dimulai, Jenderal Amerika Terkesima dengan TNI AD

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya