Panglima TNI Kirim 122 Tenaga Kesehatan Tambahan ke Yogyakarta

VIVA Militer: TNI Kirim 122 Tenaga Medis tambahan ke Yogyakarta
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali mengirim122 Tenaga Kesehatan (Nakes) yang berasal dari Perwira Siswa Prajurit Karier (Pa PK) TNI ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 122 Tenaga Kesehatan itu telah diberangkatkan melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin, 9 Agustus 2021 pagi tadi dengan menggunakan pesawat Hercules C130 milik TNI Angkatan Udara.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Rencananya, 122 Nakes tersebut akan ditugaskan di lima daerah di Yogyakarta, yaitu Kota Yogyakarta, Bantul, Sleman, Kulon Progo, dan Gunung Kidul.

Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) Mayjen TNI Tugas Ratmono menyatakan, pengiriman tenaga kesehatan ke Yogyakarta itu dilakukan berdasarkan perintah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Karena pada saat melakukan kunjungan kerja ke Bantul, pada tanggal 8 Agustus 2021 lalu, Panglima TNI mengatakan bahwa dirinya akan menambah tenaga kesehatan untuk membantu penanganan COVID-19 di lima Kabupaten/Kota di D.I. Yogyakarta.

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

Di hadapan seratusan Nakes yang diberangkatkan, Kapuskes TNI menegaskan, bahwa penugasan adalah sebuah kehormatan bagi seluruh prajurit TNI.

"Negara sangat membutuhkan tenaga serta dedikasi kalian, karena kalian adalah garda terdepan dalam menghambat laju penularan Covid-19 di Tanah Air," kata Kapuskes TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono dalam keterangan resminya.

Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Untuk diketahui, 122 Tenaga Kesehatan yang dikirim ke Yogyakarta itu terdiri dari 88 dokter umum, 11 dokter gigi, 4 perawat, 8 apoteker, 2 fisioterapi, 1 radiologi, dan 3 orang ahli gizi.

Kemudian, 1 orang elektromedis, 2  analis medis, 1 rekam medis, dan 1 orang perawat gigi yang telah selesai melaksanakan tugas di Jabodetabek.

Kapuskes TNI juga menjelaskan, sebelumnya, Panglima TNI juga telah mengirim 176 Nakes ke Wisma Atlet, Jakarta Pusat. 176 Nakes yang dikirim ke Wisma Atlet terdiri dari, dokter umum sebanyak 120 personel, dokter gigi 20 personel, keperwatan 8 personel, Farmasi Apoteker 12 personel, Fisioterapi 4 personel, Elektro Medis 1 personel, Perawat Gigi 1 personel, Analisa Medis 2 personel, dan Rekam Medis 1 personel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya