Pasukan TNI Bakal Jumpa Hewan Betina Berpangkat Sersan, Kok Bisa?

VIVA Militer: Pasukan Taifib Korps Marinir TNI Angkatan Laut
Sumber :
  • Instagram/@pasmar_1_korps_marinir

VIVA – Tak hanya pasukan TNI Angkatan Darat yang mendapat kesempatan unjuk kemampuan tempur di depan pasukan Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army). Para prajurit Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir TNI Angkatan Laut juga bakal beraksi bersama Korps Marinir Amerika Serikat (US Marine Corps).

Seminggu Dilantik,Kolonel Marinir Rana Tancap Gas Gelar Entry Briefing Prajurit Petarung Balasanggha

Jika pasukan TNI Angkatan Darat dan US Army berlatih bersama dalam Garuda Shield 2021, maka personel Taifib Korps Marinir TNI Angkatan Laut akan beraksi di Reconnaissance Exercise (Reconex) 2021. Dikutip VIVA Militer dari akun Instagram resmi Pasukan Marinir (Pasmar) 1, personel Taifib Korps Marinir tengah melakukan persiapan guna mengikuti Reconex Exercise 2021. 

Latihan Bersama (Latma) bersama US Marine Corps (USMC) Reconnaissance Unit (Unit Pengintai) akan digelar di Kamp Pangkalan Korps Marinir Pendleton, San Diego, California, Amerika Serikat (AS), mulai 1 September 2021.

Menegangkan! Tentara Korea Selatan Gelar Latihan Senjata Besar di Dekat Perbatasan Korut

Selain berkesempatan menimba ilmu dengan pasukan negara adikuasa tersebut, pasukan Taifib Korps Marinir juga akan menyaksikan langsung aktivitas pangkalan terbesar milik Korps Marinir AS.

Dibangun mulai Maret 1942, Kamp Pangkalan Korps Marinir Pendleton (Marine Corps Base Camp Pendleton) mulai digunakan sejak 25 September di tahun yang sama. 

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

VIVA Militer: Kamp Pendleton Korps Marini Amerika Serikat (US Marine Corps)

Photo :
  • The San Diego Unio-Tribune

Dibangun di atas lahan seluas 51 ribu hektar, Kamp Pangkalan Pendleton dilengkapi dengan fasilitas canggih dan modern.Tak hanya menampung pasukan tempur, di kamp ini juga terdapat pusat pendidikan dan latihan Korps Marinir AS. 

Para personel Taifib Korps Marinir TNI Angkatan Laut nantinya akan melihat pemandangan unik, yakni fasilitas kandang kuda. Di sana terdapat sebuah patung kuda ikut bertempur bersama pasukan Korps Marinir AS di Perang Korea (25 Juni 1950-27 Juli 1953).

Kuda itu adalah salah satu prajurit Korps Marinir AS. Ya, kuda betina itu bernama Reckless dan resmi menyandang pangkat Staf Sersan (Staff Sargeant) Korps Marinir AS. Dikutip dari buku 'Marine Corps Heritage Foundation', Reckless adalah kuda pacu peranakan Mongolia yang dibeli oleh seorang anggota Marinir AS pada 1952.

Sebelum menjadi kuda prajurit, Reckless hidup sebagai kuda pacu milik seorang warga Korea Selatan (Korsel), Kim Hook-mon. Dibeli seharga 250 Dolar, Reckless pun dibawa ke Kamp Pangkalan Pendleton untuk dilatih menjadi kuda pembawa paket.

Semasa bertugas, Reckless pernah menjadi bagian dari Pleton Senapan Resimen Korps Marinir ke-5. Saat Perang Korea berkecamuk, Reckless ikut mempertaruhkan nyawanya. Tak hanya membawa berbagai jenis senjata dan amunisi, kuda berwarna cokelat itu juga ikut mengevakuasi prajurit yang terluka, bahkan jenazah.

VIVA Militer: Sersan Reckless, kuda prajurit Korps Marinir AS di Perang Korea

Photo :
  • ARGunners

Atas jasa-jasanya untuk negara dan Korps Marinir AS, Reckless pun mendapatkan berbagai tanda jasa. Tak hanya dari Korps Marinir dan Angkatan Laut AS (US Navy), Reckless juga mendapatkan tanda jasa dari pemerintah Korea Selatan dan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Untuk mengenang sosok kuda pemberani itu, Korps Marinir AS membangun patung Sersan Reckless di depan kandang kuda Kamp Pangkalan Pendleton.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya