Ternyata Jenderal TNI SBY Lahir Jumat Kliwon, Begini Wataknya

VIVA Militer: Jenderal TNI (Hor) SB Yudhoyono.
Sumber :
  • SB Yudhoyono.

VIVA – Siapa di negeri yang tak kenal dengan sosok tokoh militer tanah air, Jenderal TNI (HOR) Purnawirawan Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY?. Apalagi beliau pernah menjadi Presiden RI 10 tahun beruntun.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Namun, di balik popularitas sang Jenderal TNI ini, ada hal yang tak semua orang di negeri ini tahu soal profil detail dari SBY.

Pada edisi kali ini, Jumat 13 Agustus 2021, VIVA Militer, akan mengungkap profil jebolan Akademi Militer (Akmil) 1973 dari sudut yang berbeda.

Helikopter Militer Kenya Jatuh, Jenderal Ogolla Menjadi Korban

Jenderal TNI SBY dilahirkan di sebuah rumah sederhana di desa kecil bernama Tremas yang masuk dalam wilayah Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Beliau dilahirkan ibunya Siti Habibah pada 9 September 1949.

Berdasarkan penanggalan kalender Jawa, Jenderal TNI SBY ternyata lahir pada hari Jumat dan tepat pada pasaran Kliwon. Atau lengkapnya Jemuwah Kliwon 16 Dulkaidah 1880. Jadi weton Jenderal TNI SBY Jumat Kliwon.

Pengemudi Fortuner Arogan Bikin Geram Kolonel Pom Jeffri: Gayanya Melebihi Tentara

Nah, dalam primbon Jawa, orang yang lahir pada Jumat Kliwon memiliki watak lakuning rembulan atau bertingkah laku bagai rembulan.

VIVA Militer: Jenderal TNI (Hor) SB Yudhoyono.

Photo :
  • Dok Ani SBY

Sementara secara umum orang yang lahir pada hari Jumat memiliki watak yang enerjik dan mengagumkan. Kalau pasaran Kliwon secara umum orangnya bersifat pandai bicara dan bergaul, periang, ambisius, urakan, kurang bisa membalas budi, setia pada janji, ceroboh memilih makanan, banyak selamat dan doanya.

Kalau berdasarkan wuku atau bala, Jenderal TNI SBY memiliki watak seperti Bethari Durga atau Dewa Bumi. Banyak bicara, suka menyombongkan kedudukan, cenderung berbuat yang tidak baik. Dan aralnya terkena santet dan racun.

Membaca watak atau sifat berdasarkan weton penanggalan Jawa ini boleh dipercaya atau juga tidak. Karena hanya sebuah budaya kearifan lokal yang sudah ada sejak zaman para leluhur.

Bisa saja watak seseorang tak sesuai dengan weton atau pasaran lahirnya. Dan hanya diri orang tersebut serta orang terdekatnya yang tahu.

Nantikan rubrik weton VIVA Militer lainnya ya, dan pasti Kami akan menampilkan tokoh-tokoh militer top untuk dikupas wetonnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya