Markas Diserbu Pasukan Langit Kostrad TNI, OPM Kocar-kacir

VIVA Militer: Pasukan Yonif PR 501/Bajra Yudha Kostrad
Sumber :
  • Yonif PR 501/BY

VIVA – Pasukan langit militwr Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah menyerbu salah satu markas kelompok teroris separatis OPM Papua.

Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

Penyerbuan dilakukan prajurit TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) Batalyon Infanteri (Yonif) Para Raider 501/Bajra Yudha.

Dari keterangan resmi yang diterima VIVA Militet, Senin 6 September 2021, sarang OPM yang diserbu berada di Kampung Bugapa, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Kembali Setelah 10 Tahun Tinggalkan Kostrad, Mas Bangun Melesat Naik Pangkat Jadi Mayjen TNI

Menurut Komandan Yonif Para Raider 501/BY, Letnan Kolonel Inf Arfa Yudha Prasetya penyerbuan dipimpin Letnan Satu Inf Yulian Nugroho dengan pasukannya yang tergabung dalam Operasi Bajra 10.

Penyerbuan diawali temuan sebuah honai, lalu prajurit TNI melakukan pengamatan, dan benar saja dari honai terlihat beberapa anggota OPM.

Melesat Jadi Pangdam, Mayjen TNI Haryanto Serahkan Jabatan Panglima Divif 2 Kostrad ke Sohibnya

Pasukan pun bergerak cepat melakukan penyergapan, tapi anggota OPM berhasil melarikan diri. Mereka kocar-kacir masuk hutan.

Akhinya pasukan melakukan pembersihan dan memeriksa sarang OPM itu, di dalam honai prajurit TNI menemukan senjata api jenis pistol P1 dan senjata lainnya.

"Ini merupakan keberhasilan dari Tim yang diawaki dari prajurit Bajra Yudha yang terpilih untuk bisa memberikan hasil terbaik buat bangsa dan negara, serta satuan pada khususnya," kata Letkol Arfa.

Walau telah berhasil menyergap salah satu sarang OPM. Namun pasukan langit Kostrad TNI tetap melanjutkan operasi untuk mempersempit dan menyekat pergerakan  OPM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya