Menhan Letjen TNI Prabowo Bertemu dengan Menhan Australia, Bahas Apa?

VIVA Militer: Menhan RI Prabowo Subianto sambut kedatangan Menhan Australia
Sumber :
  • Menhan RI

VIVA – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto hari ini menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta Pusat.

Intip Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Kedatangan Peter Dutton itu langsung disambut dengan Upacara Jajar Kehormatan oleh Menhan RI yang didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Kemhan RI. Kemudian, dua Menteri Pertahanan negara sahabat itu langsung menggelar pertemuan bilateral bersama-sama.

Menhan RI, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto menyatakan, kunjungan Menhan Australia itu dilakukan dalam rangka mempererat dan meningkatkan hubungan kerjasama kedua negara khususnya di bidang pertahanan yang sudah terjalin sangat baik selama ini.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

"Beberapa hal yang dibahas meliputi pembahasan Defence Cooperation Arrangement (DCA), peningkatan kerjasama di bidang industri pertahanan, kerjasama dalam bidang kesehatan hingga peningkatan kerjasama dalam bidang pendidikan dan pelatihan," kata Menhan RI Prabowo Subianto dalam keterangan resminya, Kamis, 9 September 2021.

Prabowo menambahkan, pertemuan bilateral itu juga dilakukan dalam rangka saling bertukar pandangan mengenai perkembangan situasi keamanan di kawasan baik regional maupun global.

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

Menhan RI menyampaikan bahwa kerjasama pertahanan Indonesia terus meningkat signifikan dari tahun ke tahun. Kerjasama pertahanan antara kedua negara telah menguat selama lebih dari setengah abad, sejalan dengan sektor-sektor hubungan bilateral lainnya. Kerjasama tersebut sangat produktif dan saling menguntungkan kedua negara dalam banyak hal.

"Bagi Indonesia, Australia telah menjadi mitra strategis di kawasan untuk kerja sama di bidang pertahanan dan telah memberikan kontribusi besar bagi pembangunan kemampuan pertahanan Indonesia," ujarnya.

Lebih jauh lagi, Menhan RI Prabowo mengapresiasi hasil-hasil pertemuan bilateral dua negara yang selama ini berjalan dengan baik, baik di tingkat Working Group, pertemuan Indonesia-Australia Defence Strategic Dialogue (IADSD) di tingkat Kementerian Pertahanan dan Komite Tingkat Tinggi Australia-Indonesia di tingkat TNI yang telah dilakukan bulan lalu.

"Secara keseluruhan, hasil program kerjasama telah mampu meningkatkan kapasitas kedua belah pihak dan mendorong hubungan kerjasama yang baik di bidang pertahanan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya