Awas OPM, Pasukan Macan Sabbadha Kostrad Bakal Kembali ke Papua

VIVA Militer: Pasukan Yonif Raider 514/Sabbadha Yudha
Sumber :
  • Instagram/@penkostrad

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) takkan tinggal diam melihat aksi brutal Kelompok Separatis Teroris (KST) Organisasi Papua Merdeka (OPM), yang semakin meresahkan. Pasukan terbaik akan kembali dikirim TNI ke Papua untuk mengamankan Bumi Cenderawasih dari rongrongan kelompok separatis itu.

Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Terancam 6 Tahun Bui

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari situs resmi Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad), persiapan tengah dilakukan oleh sejumlah pasukan Batalyon Infanteri Raider 514/Sabbadha Yudha (Yonif R 514/SY), untuk kembali menjalankan tugas di Papua.

Tim Pengawas Latihan (Waslat) Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad) yang dipimpin oleh Perwira Bantuan Staf Operasi Latihan Satuan Angkatan Darat (Pabanosoplatsad), Letkol Inf Syafruddin, menyaksikan langsung Latihan Kompi Tempur (Kipur) Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Raider 514/Sabbadha Yudha.

Tangan Diborgol, Pengemudi Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal Tertunduk Lesu di Kantor Polisi

Tak sendirian, Ketua Tim Waslat Mabesad juga didampingi oleh Letkol Inf Arif Munawar selaku Kepala Staf Brigade Infanteri (Kasbrigif) 9/Dharaka Yudha dan Komandan Latihan (Danlat), serta Komandan Satgas Pamtas Penyangga Mobile Yonif Raider 514/SY, Letkol Inf Sumardi.

Satgas Pamtas Penyangga Mobil Republik Indonesia-Papua Nugini (RI-PNG) Yonif Raider 514 akan segera kembali ke Papua pada 2022 mendatang. Meski demikian, persiapan sudah dilakukan dari jauh hari.

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

VIVA Militer: Pasukan Yonif Raider 514/Sabbadha Yudha

Photo :
  • Instagram/@penkostrad

Digelar sejak 10 September 2021, Latihan Kompi Tempur digelar selama lima hari di kawasan kaki Gunung Raung Glenmore Kompleks, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Latihan Kipur Satgas Pamtas Penyangga Mobil Yonif Raider 514/Sabbadha Yudha disesuaikan dengan realisme yang selaras dengan berbagai permasalahan yang muncul di lapangan. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemampuan para prajurit dan meminimalisasi kesalahan yang timbul dalam pelaksanaan tugas.
 
Menjalankan tugas di Papua bukan yang pertama kali bagi Yonif Raider 514/Sabbadha Yudha. Pada Februari 2019 lalu, batalyon Raider yang dikenal dengan julukan Macan Sabbadha ini juga dikirim ke Papua dengan tugas yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya