Mutasi Besar-besaran, Panglima Ganti 3 Pejabat Penting TNI

VIVA Militer: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali melakukan mutasi dan rotasi jabatan Perwira Tinggi (Pati) secara besar-besaran di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Tidak tanggung-tanggung rotasi dan mutasi kali ini dilakukan terhadap 150 Pati TNI.

Klaim Tangkis 99 Persen Serangan Rudal dan Drone Iran, Pakar Militer Sebut Israel Halu

Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto menjelaskan, rotasi jabatan di lingkungan TNI itu dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.  

Lebih jauh Kolonel Laut Edys menjelaskan, pergantian atau mutasi jabatan itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/816/IX/2021 tanggal 13 September 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Asal-usul Pelat Dinas TNI Palsu Fortuner Pengemudi Arogan yang Ngaku Adik Jenderal

"Sebanyak 150 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 89 Pati TNI AD, 27 Pati TNI AL dan 34 Pati TNI AU," kata Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto dalam keterangan resminya, Kamis, 16 September 2021.

Pantauan VIVA Militer dari keterangan resmi Puspen TNI, diantara 150 Pati TNI yang diganti, ada tiga jenderal TNI yang cukup strategis dirotasi Panglima TNI. Mereka adalah Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI, Mayjen TNI dr. Tugas Ratmono. Mayjen TNI Tugas Ratmono dikenal sebagai seorang jenderal bintang dua TNI Angkatan Darat yang sangat fokus dalam menangani COVID-19 di Indonesia.

Pengemudi Fortuner Arogan yang Ngaku Adik Jenderal Buang Pelat TNI Palsu di Bandung

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI itu, Mayjen TNI Tugas Ratmono akan ditarik ke Mabes TNI Angkatan Darat karena akan memasuki masa pensiun. Sementara jabatan Kapuskes TNI akan ditempati oleh Mayjen TNI Budiman yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Kapuskesad).

Kemudian, di Matra Laut, ada nama Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada III, Laksma TNI Retiono Kunto yang dipindahkan Panglima TNI untuk menempati posisi baru sebagai Kas Kolinlamil. Sementara, jabatan Danguspurla Koarmada III akan ditempati oleh Kolonel Laut (P) Ashari Alamsyah yang sebelumnya menempati jabatan Asops Pangarmada I.

Sementara itu, di lingkungan Matra Udara, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga menarik Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto ke Mabes TNI Angkatan Udara dalam rangka pensiun. Dan dalam surat keputusan tersebut, Panglima TNI menunjuk Marsda TNI A. Gustaf Brugman yang sebelumnya menjabat Aspers Panglima TNI untuk menempati posisi Wakasau menggantikan Marsdya TNI Zaini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya