Panglima Tunjuk Mantan Komandan Denjaka Jadi Wadan Koopsus TNI

VIVA Militer: Komandan Denjaka Kolonel (Mar) Supriyono
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali melakukan mutasi dan rotasi di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Sebanyak 150 Perwira Tinggi (Pati) TNI mengalami mutasi dan rotasi sesuai dengan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/816/IX/2021 tanggal 13 September 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita

"Sebanyak 150 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 89 Pati TNI AD, 27 Pati TNI AL dan 34 Pati TNI AU," kata Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto dalam keterangan resminya, Kamis, 16 September 2021.

Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto menambahkan, rotasi jabatan di lingkungan TNI itu dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.  

Penjahat Perang, Netanyahu Bakal Diringkus Dewan Keamanan Israel

Pantauan VIVA Militer dari Surat Keputusan Panglima TNI itu, salah satu Pati TNI yang mengalami rotasi jabatan adalah posisi Wakil Komandan Komando Operasi Khusus (Wadan Koopsus) TNI.

Panglima TNI telah menunjuk Kolonel (Mar) Supriyono yang sebelumnya menjabat sebagai Paban IV Dukops dan Doktrin Sopsal untuk menempati posisi barunya sebagai Wadan Koopsus TNI menggantikan Brigjen TNI (Mar) Widodo. Sementara, Brigjen TNI (Mar) Widodo diamanahkan Panglima TNI untuk menempati posisi barunya sebagai Dirlat Kodiklatal.

Jenderal Zahedi Tewas Dibunuh Israel, Iran Tarik Pasukan dari Suriah

Untuk diketahui, Kolonel Marinir Supriyono adalah seorang Pati TNI Angkatan Laut yang dibesarkan oleh pasukan elit Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) Korps Marinir TNI Angkatan Laut. Kolonel Supriyono adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 38 tahun 1992.

Prajurit tempur TNI Angkatan Laut itu tercatat pernah memegang sejumlah jabatan penting di satuan pasukan elit Korps Marinir TNI Angkatan Laut. Pada tahun 2010, Supriyono pernah menjabat sebagai Komandan Batalyon Intai Amfibi (Danyontaifib) 2/Marinir. Kemudian pada tahun 2015, dia dipercaya untuk menjabat Asintel Danpasmar 1.

Karier militernya tidak hanya berhenti sampai di situ. Kolonel Marinir Supriyono juga pernah menjabat sebagai Komandan pasukan elit Marinir TNI Angkatan Laut, yaitu Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) pada tahun 2015-2018.

Usai menjabat sebagai Komandan Denjaka, dia kembali dipercaya untuk menjabat sebagai orang nomor dua di Lantamal IX/Ambon sebagai Wadan Lantamal IX pada tahun 2018-2020. Setelah itu, dia kembali dipromosikan untuk menempati posisi Paban IV Dukos Sopsal pada tahun 2020-2021. Dan, sekarang Supriyono kembali dipercaya oleh Panglima TNI untuk menjabat sebagai Wadan Koopsus TNI mendampingi Komandan Koopsus TNI, Mayjen TNI Richard TH Tampubolon. Dengan ditunjuknya Kolonel (Mar) Supriyono sebagai Wadan Koopsus TNI, maka dia akan secara resmi akan menyandang pangkat Jenderal Bintang Satu TNI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya