TNI AL Gelar Latihan Bersama Angkatan Laut Singapura di Natuna

VIVA Militer: TNI AL latihan bersama Angkatan Laut Singapura di Laut Natuna
Sumber :
  • Dispen Koarmada II

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut dari unsur jajaran Koarmada II menggelar latihan serial Photoex Exercise (Photoex) bersama dengan Angkatan Laut Singpura atau The Republic of Singapure Navy (RSN).

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

Dalam latihan yang bertajuk Latma Eagle Indopura Tahun 2021 kali ini, setidaknya ada tiga titik wilayah perairan yang dijadikan lokasi latihan, yaitu di wilayah perairan Batam, Selat Singapura, dan Laut Natuna.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Koarmada II, Jum'at, 17 September 2021, Latma Eagle Indopura 2021 telah memasuki Fase Manuver Lapangan.

Menko Airlangga Bertemu Menlu Singapura, Optimis Kerja Sama Bilateral Kedua Negara Terjalin Kuat

Adapun kapal perang TNI Angkatan Laut yang ikut terlibat dalam latihan tersebut terdiri dari dua kapal perang Satuan Kapal Eskorta Koarmada II, yaitu KRI Diponegoro-365 dan KRI Malahayati-362.

KRI Diponegoro-365 bergerak dibawah Komandan Kapal yang juga menjabat sebagai Dansatgas Latma Eagle Indopura 2021 yaitu, Letkol Laut (P) Adam Tjahja Saputra. Sementara KRI Malahayati-362 bergerak dibawah komandan kapal Letkol Laut (P) Nurullah Zemy Prasetyo.

Syahrini dan Reino Barack Manjakan Diri di Hotel Mewah Rp27 Juta per Malam di Singapura

Mereka berhasil melaksanakan Photoex dengan membentuk gugus tugas formasi iring-iringan di perairan Batam, Selat Singapura dan Laut Natuna pada Kamis, 16 September 2021 kemarin.

VIVA Militer: TNI AL latihan bersama Angkatan Laut Singapura di Laut Natuna

Photo :
  • Dispen Koarmada II

Dansatgas Latma Eagle Indopura, Letkol Laut (P) Adam Tjahja Saputra menyatakan, selain dua kapal perang TNI Angkatan Laut itu, sejumlah kekuatan tempur TNI Angkatan Laut lainnya juga turut serta dalam latihan tersebut, diantaranya, Pesawat Helly panther dan Pesawat Cassa TNI Angkatan Laut. Sementara, dari Angkatan Laut Singapura, lanjut Dansatgas, mereka telah mengerahkan Kapal RSS Tenacious-71, Kapal RSS Justice-18 dan pesawat udara F50.

"Dalam latihan ini seluruh kapal membentuk berbagai formasi tempur dan dilakukan pengambilan foto serta video dari udara. Saat latihan berlangsung, unsur keselamatan baik personel maupun material sangat diperhatikan pada saat pembentukan formasi," kata Dansatgas Letkol Laut (P) Adam Tjahja Saputra.

Dansatgas menambahkan, Latma bersama atau fase manlap akan berlangsung hingga tanggal 18 September mendatang. Untuk itu, seluruh armada perang dari dua negara sahabat itu akan tetap berada di laut lepas.

Selain itu, latihan bersama ini juga mendapat apresiasi penuh dari Panglima Koarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto. Pangkoarmada II menyampaikan bahwa keterlibatan TNI Angkatan Laut khususnya Koarmada II dalam Latma Eagle Indopura 2021 merupakan suatu kebanggaan dan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas serta profesionalisme prajurit tempur TNI Angkatan Laut.

“Karena itu Pangkoarmada II meminta agar satgas menunjukkan yang terbaik pelaksanaan latihan, sebab latihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas, profesionalisme dan kerjasama antara kedua negara di bidang kelautan," ujarnya.

Baca: Heboh Kapal China, TNI AL Pastikan Laut Natuna Utara Terkendali

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya