2 Kapal Perang India Masuk Perairan Jakarta, TNI AL Kawal Ketat

VIVA Militer: Satrol Sea Reader Lantamal III Jakarta kawal Kapal Perang India
Sumber :
  • Pen. Lantamal III

VIVA – TNI Angkatan Laut dari jajaran Lantamal III Jakarta hari ini bergerak cepat menerjunkan prajurit dan beberapa Unsur KRI dan Sea Reader nya untuk mengawal dua kapal perang India yang masuk ke wilayah perairan Jakarta.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Dua kapal perang India yang masuk ke wilayah perairan Jakarta itu adalah INS Shivalik (F47) dan INS Kadmatt (P29). Rencananya kedua kapal perang asing itu akan bersandar di pelabuhan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Komandan Pangkalan Laut Utama Militer (Danlantamal) III Jakarta, Brigjen TNI Marinir Umar Farouq menyatakan, pihaknya mengerahkan kapal perang KRI Kurau-856 dan sejumlah Sea Reader Satuan Patroli (Satrol) Lantamal III Jakarta untuk mengawal dua kapal perang India jenis Fregat dan Korvet milik Angkatan Laut India tersebut.

Letda Samuel, Prajurit Lantamal III Penemu Kokain 1.25 T Dapat Penghargaan dari Panglima TNI

"Pengawalan ini sudah menjadi tugas pokok dari Lantamal III yang menjalankan fungsi pangkalan dalam memberikan fasilitas pengamanan dan labuh kapal perang asing yang akan bersandar di wilayah Jakarta," kata Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq kepada VIVA Militer, Sabtu, 18 September 2021.

Brigjen TNI Farouq menambahkan, kedatangan kapal perang India ke wilayah perairan Jakarta itu dalam rangka mengikuti Latma Samudera Shakti 2021 yang melibatkan prajurit TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut India. 

TNI AL Berhasil Selamatkan 15 ABK yang Tenggelam di Perairan Jakarta

Latihan bersama dua negara sahabat itu, lanjut Danlantamal, diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme prajurit serta memupuk keharmonisan hubungan bilateral antara Indonesia dan India di kawasan Asia dan kancah Internasional.

"Fungsi dari Lantamal III sebagai pangkalan Angkatan Laut di Jakarta yaitu memberikan dukungan pengamanan serta fasilitas labuh kapal-kapal perang asing yang akan sandar di Jakarta dengan menerapkan prosedur dan ketetapan yang berlaku di TNI Angkatan Laut dengan standart Internasional," ujarnya.

Ilustrasi TNI

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Roadmap repatriasi hak militer Sumber daya pertahanan negara.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024