Jenderal TNI Pembela Rakyat Miskin Ternyata Seangkatan Letjen Dudung

VIVA Militer: Irdam XIII/Merdeka, Brigjen TNI Junior Tumilaar
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Junior Tumilaar telah membuktikan bagaimana sikap seorang pemimpin yang mengaayomi anak buahnya. Tak hanya itu, Inspektur Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka juga menunjukkan bagaimana seorang prajurit TNI harus berdiri di barisan terdepan sebagai pembela rakyat.

Sosok Jenderal Bintang 1 Kowad, Orang Kepercayaan KSAD Maruli Simanjuntak

Dalam berita sebelumnya, VIVA Militer melaporkan bagaimana sikap Brigjen TNI Junior Tumilaar saat membela Bintara Pembina Desa (Babinsa) Manado yang mendapat intimidasi dari oknum anggota Satuan Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut).

Junior langsung mengirim surat terbuka kepada Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, perihal insiden Babinsa yang membela warga buta huruf yang tanahnya dicaplok perusahaan pengembang, PT Ciputra Internasional/Perumahaan Citraland.

Menguak Rahasia di Balik Kehebatan Kopassus yang Disegani di Dunia

Lantas, siapakah sebenarnya Brigjen TNI Junior Tumilaar?

Junior adalah putra asli Manado, yang lahir di ibukota Sulawesi Utara pada 3 April 1964. Junior merupakan jebolan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) 1988, yang berasal dari satuan Zeni.

Baru 115 Hari Kembali ke Kostrad, Jenderal Darah Kopassus TNI Ini Digeser ke Lemhanas

VIVA Militer: Irdam XIII/Merdeka, Brigjen TNI Junior Tumilaar

Photo :
  • tniad.mil.id

Dikenal sebagai perwira yang cerdas, Junior pernah menduduki sejumlah jabatan sepanjang kariernya bersama TNI Angkatan Darat. 

Beberapa diantaranya adalah Dosen Utama Sekolah Staf Komando TNI Angkatan Darat (Seskoad), Staf Khusus Direktur Zeni TNI Angkatan Darat (Dirziad), dan sejak 9 April 2020 menjabat Irdam XIII/Merdeka.

Perlu diketahui, Junior yang merupakan salah satu abituren AKABRI atau yang sekarang bernama Akademi Militer (Akmil) angkatan 1988, yang mampu mencapai pangkat Perwira Tinggi (Pati).

Beberapa nama besar yang merupakan rekan seangkatan Junior adalah mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus), Letjen TNI Madsuni, yang saat ini menjabat sebagai Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI.

Selain itu, ada nama besar lainnya yang merupakan rekan satu leting Junior. Ya, ada nama Letjen TNI Dudung Abdurachman yang saat ini menduduki posisi sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya