Tegas, Jenderal Calon Kuat Panglima TNI Bicara Nyali Seorang Komandan

VIVA Militer: Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono
Sumber :
  • tnial.mil.id

VIVA – Sudah seharusnya seorang pemimpin harus selalu berdiri di depan anak-anak buahnya. Bukan hanya punya pemikiran dan kemampuan yang unggul, nyali atau keberanian seorang pemimpin juga selayaknya lebih besar dari para anak buahnya.

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

Tak perlu diragukan lagi soal bagaimana sosok Laksamana TNI Yudo Margono, dalam menjalankan tugasnya sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL).

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari situs resmi TNI Angkatan Laut, Yudo memberi pernyataan tegas di depan 50 Perwira Menengah (Pamen) TNI Angkatan Laut berpangkat Kolonel, soal keberanian seorang pemimpin.

Terpopuler: Pelat Nomor TNI Fortuner yang Viral, Skema Kredit Honda Stylo 160

Menurut Yudo, seorang komandan harus punya keberanian dalam hal mengambil risiko dalam mengambil keputusan. Sebagai seorang pemimpin, komandan juga harus berdiri paling depan dalam hal membuat inovasi dan bukan menjadi pengikut.

Hal itu lah yang disampaikan mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, kepada para Pamen TNI Angkatan Laut yang baru saja menyelesaikan Pendidikan Reguler (Dikreg) XLVIII Sekolah Staf dan Komandi (Sesko) TNI.

Pengemudi Fortuner Arogan Bikin Geram Kolonel Pom Jeffri: Gayanya Melebihi Tentara

VIVA Militer: Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono

Photo :
  • tnial.mil.id

"Para perwira nantinya akan menempati jabatan pemantapan misalkan sebagai Danlantamal atau Danlanal. Ketika menghadapi situasi emergency/darurat seperti kejadian gempa atau banjir, maka pejabat TNI AL harus maju dan mengkomunikasikan dengan instansi terkait," ujar Yudo.

"Harus berani tampil paling depan, bukan menjadi pengikut," tegas orang nomor satu di TNI Angkatan Laut itu.

Tak hanya berbicara keberanian seorang pemimpin, KSAL juga mengingatkan para Pamen TNI Angkatan Laut agar senantiasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Dalam pandangannya, para Pamen TNI Angkatan Laut bisa mengikuti pendidikan di Sesko TNI adalah sebuah rahmat yang diberikan Tuhan. Oleh sebab itu, sudah seharusnya para Pamen TNI bisa menjadi pemimpin yang baik.

"Tuhan sudah memberikan rahmat kepada kalian melalui dinas TNI AL untuk menyelesiakan Pendidikan Sesko TNI. Ini adalah panggung untuk kalian," lanjut KSAL.

VIVA Militer: Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL), Laksamana Yudo Margono

Photo :
  • Head Topics

"Dan bagaimana kalian menggunakan panggung tersebut untuk menunjukkan prestasi dan pengabdian sebagai perwira TNI AL. Artinya kalian harus bisa memanfaatkannya," ucapnya.

Seperti yang diketahui, nama Laksamana TNI Yudo Margono digadang sebagai salah satu calon kuat untuk menduduki posisi Panglima TNI. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, jebolan Akademi Angkatan Laut 1988 ini sudah memenuhi syarat untuk menjadi orang nomor satu militer Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya