Latihan Bersama TNI AU, Australia Kerahkan Pesawat Intai Poseidon

VIVA Militer: (Ilustrasi) Pesawat intai Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), P-8A Poseidon
Sumber :
  • Aerocontact.com

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara bersama Royal Australian Air Force (RAAF) menggelar latihan bersama Albatros Ausindo 2021 di langit Indonesia.

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

Latihan Albatros Ausindo 2021 adalah latihan patroli maritim bersama yang dilakukan di sekitar wilayah udara ALKI III. 

Dilansir VIVA Militer dari keterangan Dispenau, Kamis, 23 September 2021, dalam latihan bersama dua negara sahabat itu, TNI Angkatan Udara telah mengerahkan Pesawat Intai Maritim B737-200 yang diberangkatkan dari Skadron Udara 5, Wing Udara 5 Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin Makassar. 

Sosok Ernando Ari 'Tembok Kokoh' Timnas Indonesia, Bikin Australia Gigit Jari

Sementara, Angkatan Udara Australia atau RAAF mengerahkan pesawat Intai P-8A Poseidon yang diterbangkan dari Wing 92 Pangkalan Udara Edinburgh AFB Australia.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyatakan, Latma Albatros Ausindo 2021 digelar bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kedua Angkatan Udara dalam melaksanakan patroli maritim terkoordinasi. Adapun latihan tersebut, lanjut Kadispenau, dilakukan di sekitar ALKI III.

Kata Media Asing usai Timnas Indonesia Tekuk Australia: Impian Shin Tae-yong Bakal Jadi Kenyataan

"Latma Ausindo merupakan kerjasama militer Indonesia dan Australia. Selain untuk meningkatkan kerjasama dibidang militer kedua negara, latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan TNI AU dan RAAF, khususnya dalam melaksanakan patroli maritim," kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, Kamis, 23 September 2021.

Untuk diketahui, Latihan gabungan antara TNI Angkatan Udara dengan Angkatan Udara Australia itu telah dibuka secara langsung di Lanud El Tari, Kupang pada tanggal 20 September 2021 lalu yang dihadiri oleh Komandan Lanud El Tari, Kupang Marsma TNI Umar Fathurrahman, Komandan Skadron Udara 5 Letkol Pnb Agung Hartanto, serta Atase Udara Australia Cal Harrison. 

Pemain Timnas Indonesia U-23

Intip Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Timnas Indonesia yang berada di Grup A Piala Asia U-23 bersama tim tuan rumah Qatar, Yordania dan Australia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024